Berita Tapin

Tiga Kecamatan di Tapin Ini Jadi Prioritas KPU Untuk Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 

Ukuran skala prioritas bagi KPU Tapin, masih tiga wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Piani, Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.

Tiga Kecamatan di Tapin Ini Jadi Prioritas KPU Untuk Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Ketua KPU Kabupaten Tapin Hj Henny Hendriyanti 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Ukuran skala prioritas bagi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin, masih tiga wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Piani, Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.

Beruntungnya, Kecamatan Piani saat Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tapin pada 2018 lalu, distributor melalui kabupaten tetangga, kini akses itu sudah dapat dilintasi kendaraan roda dua.

Untuk wilayah pesisir sungai, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin, saat Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tapin, logistik dibungkus plastik hanya di Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.

Kini, semua logistik yang akan didistribusikan pada 11 April ini di 12 wilayah Kecamatan se Kabupaten Tapin, dibungkus dengan plastik agar tidak ada lagi alasan kotak suara yang berbahan karton kerap air itu mengalami kerusakan akibat dilanda hujan deras.

Baca: Tim BPN Prabowo Sandi Tak Sanggup Tertibkan Alat Peraga Kampanye yang Dipasang Relawan

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin, Henny Hendriyanti mengaku pengepakan kotak suara di 580 tempat pemungutan suara akan dimulai pada Rabu (10/4/2019) secara tertutup di gudang logistik Pemilu, Gedung Futsal Sultan Kuning.

"Proses pengepakan satu hari penuh itu tertutup dan nanti saat pendistribusian kotak suara, besoknya, wartawan dibolehkan melakukan peliputan," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Selasa (9/4/2019).

Sementara itu, sejumlah operator partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Tapin, termasuk operator Badan Nasional Pemenangan Prabowo-Sandi dan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin di Kabupaten Tapin diminta menyampaikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye.

Naimah, Wakil Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa di Kabupaten Tapin, mengaku laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye saat ini belum klik karena masih terjadi aliran dana masuk dan aliran dana kampanye yang keluar.

Baca: 3 Nama Calon Direktur RSUD Sultan Suriansyah Diserahkan ke Wali Kota, Ini Harapan Ibnu Sina

"Apabila laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye tidak disampaikan operator Partai Politik kepada KPU Kabupaten Tapin sesuai batas waktunya, sangat mungkin calon legislatifnya digugurkan.

Meskipun calon legislatifnya meraih banyak suara di daerah pemilihan di Kabupaten Tapin, tetap digugurkan. Laporan dana kampanye itu akan diperiksa oleh akuntan publik apakah wajar atau tidak wajar," ujar Henny Hendriyanti, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved