Berita Banjarmasin

Tinjau  Simulasi Pemungutan Suara, Kapolresta Banjarmasin : 2/3 Kekuatan Siap Amankan Pemilu

Dandim 1007/Banjarmasin, Kol Inf Nopid Arif dan Kapolsresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto meninjau lokasi simulasi pemilu.

Tinjau  Simulasi Pemungutan Suara, Kapolresta Banjarmasin : 2/3 Kekuatan Siap Amankan Pemilu
(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)
Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto meninjau lokasi simulasi pemungutan suara di Stadion 17 Mei 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Dandim 1007/Banjarmasin, Kol Inf Nopid Arif dan Kapolsresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto meninjau lokasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 yang digelar oleh KPU Kota Banjarmasin, Selasa (9/4/2019).

Kol Inf Nopid Arif datang lebih awal pada acara yang diadakan di TPS simulasi Stadion 17 Mei Banjarmasin, Jalan Japri Zam-Zam Banjarmasin, Kalsel tersebut.

Ia melihat aktivitas sejumlah warga yang saat itu sudah mulai memasuki TPS dan melakukan proses pemilihan. Dari mulai pemanggilan nama, mengambil kertas, menuju bilik suara, hingga memasukan surat suara ke kotak suara dan mencelupkan jari ke tinta.

Baca: KalselPedia - Brigjen H Hasan Basry, Pahlawan Nasional Asal Kandangan, Hulu Sungai Selatan

Baca: Luka Lama Maia Estianty Dibalik Foto Al El Dul, Terkait Mulan Jameela dan Ahmad Dhani

Baca: Menengok Museum Wasaka, Keris Semar Semakin Tua Semakin Kecil

Namun kedatangan dirinya hanya sebentar. Karena jelasnya kepada Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Hery Wijaya, ada acara lain yang tak bisa ia tinggal.

Pada pelaksanaan simulasi tersebut, KPU Kota Banjarmasin juga menggelar kegiatan ceremonial. Ada agenda pembukaan sembari simulasi pencoblosan yang tetap berlangsung. Meski dijeda beberapa saat selama kegiatan pembukaan diadakan.

Pasca ceremonial itu, Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur dan Komisioner KPU Provinsi beserta Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto meninjau TPS. Ia melihat surat suara yang tertempel di depan TPS. Kemudian beranjak menujuk KPPS 1 hingga KPPS 7.

Pengecekan pada bilik suara juga dilakukan oleh Kombes Pol Drs Sumarto. Ia juga memegang lima surat suara yang disediakan dan mencocokan warnanya untuk contoh memasukan ke kotak suara.

Kombes Pol Sumarto menilai, para KPPS telah siap menggelar Pmeilu 2019 nantinya. Dilihat dari simulasi yang diadakan tersebut.

“Petugas KPPS sudah sangat siap. Mereka juga memberikan arahan kepada pemilih saat memasukan surat suara ke kotak suara,” ucap Kombes Pol Sumarto.

Terlepas dari itu, mengenai keamanan, Kombes Pol Sumarto menerangkan pihak kepolisian, terutama Bhabinkabtimnas akan terus melakukan patrol. Selain itu, pihaknya juga telah menurunkan 2/3 kekuatan dari Polresta Banjarmasin.

Akan ada 567 personil kepolisian yang bakal bertugas menjaga keamanan pada saat pesta demokrasi berlangsung nantinya. Mereka juga dibackup oleh Polda Kalsel dan brimob. Selain itu ada sekitar 240 personil bantuan dari Kodim 1007/ Banjarmasin dan Batalyon.

“Ada 1.879 TPS terdata, dengan DPT 447.185 yang tersebar di TPS, tentunya kami dari jajaran Polresta Banjarmasin, 2/3 kekuatan sudah siap,” jelasnya.

Baca: Permintaan Maaf Billy Syahputra pada Kriss Hatta Setelah Putus dari Hilda Vitria, Apakah Serius?

Baca: Doa dan Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban 2019/1440 H

Melihat personil yang diturunkan, Kombes Pol Drs Sumarto meyakini bisa memberikan jaminan kemanan untuk pelaksanaan Pemilu di bawah pengawasan Bawaslu. Ia pun berharap dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS yang sudha ditentukan.

Mengenai kondisi keamanan, ia mengatakan untuk kejahatan konvensional  masih bisa dikendalikan dan saaat ini kondisi Banjarmasin cukup kondusif. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

 
 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved