BUMI MURAKATA

Pemkab HST Akan Bentuk Relawan Keselamatan Jalan

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan membentuk relawan keselamatan jalan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas di HST.

Pemkab HST Akan Bentuk Relawan Keselamatan Jalan
HO/Humas Pemkab HST
Rapat koordinasi Dinas LH dan Perhubungan HST dengan jajaran Satlantas Polres HST terkait keikutsertaan Kabupaten HST pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 di ruang rapat Sekretariat Daerah Rabu (10/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Guna mendukung program Kepolisian Republik Indonesia dalam meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban luka dan jiwa, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan membentuk relawan keselamatan jalan.

Hal ini dinyatakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Muhammad Yani, pada rapat koordinasi keikutsertaan Kabupaten HST pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah Rabu (10/4/2019).

"Kami akan bekerjasama dengan Satlantas Polres HST dalam membentuk relawan lalu lintas khususnya pada daerah titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas. Tentunya kawasan rawan lalu lintas ini harus berkoordinasi dengan Satlantas mengingat, mereka yang paham dimana daerah rawan lalu lintas," ujar Yani.

Menurut Yani pihaknya akan merekrut relawan dari warga yang bersedia dilatih dan dibina. Relawan ini akan tergabung dalam tim yang tergabung dalam forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

"Termasuk juga kita akan sinergis dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Dinas Kesehatan yang bertindak pasca kecelakaan," katanya.

Kapolres HST yang melalui Kasatlantas Polres Hulu Sungai Tengah, AKP ARokhim, memberikan apresiasi dengan adanya inovasi jajaran perhubungan HST dalam upaya menekan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Rapat koordinasi keikutsertaan Kabupaten HST pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 di ruang rapat Sekretariat Daerah Rabu (10/4/2019).
Rapat koordinasi keikutsertaan Kabupaten HST pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 di ruang rapat Sekretariat Daerah Rabu (10/4/2019). (HO/Humas Pemkab HST)

"Hal ini sangat bagus dalam upaya membagun kesadaran masyarakat dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas berbasis masyarakat " katanua

Menurut Rokhim pihaknya siap bekerjasama dengan Dinas LH dan Perhubungan serta instansi lainnya agar relawan keselamatan jalan berjalan efektif.

"Kami akan secara masif mensosialisasikan dan melatih keselamatan berlalu lintas kepada relawan yang direkrut dalam lingkup pra dan pasca kecelakaan lalu lintas," katanya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab HST, Ainur Rafiq, yang memimpin rapat koordinasi manyatakan, Pemkab HST berupaya melakukan peningkatan menajemen keselamatan jalan terintegrasi lintas sektor di HST dalam upaya menekan tingkat laka lantas. (*/AOL)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved