Kota Banjarmasin

USBN Tingkat SMP Berakhir, UNBK Menanti, Bakal Digelar Serentak Mulai Senin 22 April 2019

Namun rupanya, meski USBN berakhir, Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) sudah menghadang para siswa SMP pada Senin (22/4) mendatang.

USBN Tingkat SMP Berakhir, UNBK Menanti, Bakal Digelar Serentak Mulai Senin 22 April 2019
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Para siswa SMPN 35 Banjarmasin nampak fokus melaksanakan USBN pada hari terakhir, Kamis (11/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ujian Sekolah Berstandar Nasional  tingkat SMA telah berakhir, Kamis (11/4/2019). Para panitia USBN pada masing-masing sekolah juga telah melaksanakan rapat penutupan pelaksanaan tersebut.

Sebagaimana yang dilakukan di SMPN 35 Banjarmasin, Jalan Bawang Merah, Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalsel. Pihak sekolah telah mengadakan rapat penutupan pasca para siswa selesai melaksanakan USBN di hari tersebut.

Namun rupanya, meski USBN berakhir, Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) sudah menghadang para siswa SMP. Pasalnya, pada Senin (22/4/2019) mendatang UNBK tingkat SMP digelar secara serentak.

Kepala SMPN 35 Banjarmasin, Aminsyah merasa lega dengan berakhirnya USBN tersebut. Ditambah lagi sebutnya para siswa nampak nyaman untuk mengerjakan setiap soal yang diberikan selama empat hari terakhir.

Pelaskanaan USBN khususnya untuk kelas IX baru pertama kali diadakan. SMPN 35 Banjarmasin tahun ini juga baru meluluskan angkatan pertama sekolah tersebut.

Baca: Gaji Guru Honor di Kabupaten Banjar Rendah, Disdik Banjar Lakukan Pendataan untuk Dapatkan Ini

Baca: Terungkap, Guru Honor di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Ada yang Cuma Bergaji Rp 150 Ribu Sebulan

Pada pelaksanaan USBN kali ini, Aminsyah tidak mengahrapkan nilai muluk untuk siswamnya. Baginya kenyamanan siswa dalam menjawab soal juga sudah cukup memuaskan. Selain itu pencapaian siswa untuk mengerjakan soal pun ujar Amin sudah sangat mampu dan sesuai harapan.

Sementara itu untuk pelaksanaan UNBK di SMPN 35 Banjarmasin, pihaknya secara marathon melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari pemberian pengayaan serta try out sebanyak dua kali. Serta menjadikan USBN sebagai uji coba menuju UNBK nantinya.

Tahun ini, SMPN 35 Banjarmasin menggelar UNBK secara mandiri. Sebanyak 25 unit komputer telah disiapkan untuk siswa. Jumlah itu ujar Aminsyah telah mencukupi kebutuhan siswa yang nantinya akan dibagi menjadi tiga sesi. Adapun jumlah pesertanya mencapai 73 orang.

Ia pun optimis pelaksanaan UNBK nantinya bakal berlangsung lancar tanpa gangguan. Terutama pada listrik dan jaringan. Selain itu pihaknya juga telah mendapatkan pinjaman genset sebagai antisipasi apabila terjadi pemadaman listrik sesaat.

Ia pun berharap pada pelaksanaan UNBK nanti para siswa bisa menjawab soal yang diujikan pada UNBK. Selain itu, Aminsyah juga meyakini para siswa bisa bersaing dengan sekolah lain di Banjarmasin.

Pada pelaksanaan UNBK kali ini, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Sarwani menyampaikan, Kota Banjarmasin 100 persen melaksanakan UNBK.

Baca: Adik Syahrini, Aisyahrani Sebut Kata Andalan Haters Istri Reino Barack Usai Hadir di Hijrah Fest

Baca: Bangunan Kosong Kawasan Stadion Sanaman Mantikei Palangkaraya Jadi Tempat Transaksi Obat Terlarang

Adapun komposisinya merujuk data yang dikirimkan oleh Sarwani, 30 SMPN dan 11 SMP swasta melakukan UNBK mandiri. Lima SMPN dan 17 SMP swasta menggabung.

Sedangkan MtsN ada empat sekolah dan Mts swasta 11 sekolah yang melaksanakan UNBK, 19 SMP swasta menggabung.

Sementara jumlah peserta UNBK di Kota Banjarmasin total keseluruhan mencapai 10.182 peserta. Sedangkan komputer yang dibutuhkan sekitar 2.000 unit.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved