Berita Kabupaten Banjarn

Manasik Haji IPHI Banjar Selalu 'Diserbu' Calhaj, Ternyata Begini Resepnya

Setidaknya ada dua pemandu manasik haji yang menjadi langganan IPHI Banjar yaitu KH Hatim Salman dan Dr H Muhammad Husin.

Manasik Haji IPHI Banjar Selalu 'Diserbu' Calhaj, Ternyata Begini Resepnya
HA Fauzan Asniah untuk banjarmasin post.co.id
MANASIK - Calhaj Kabupaten Banjar antusias mengikuti manasik haji yang digelar IPHI Banjar, beberapa tahun lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Meski hanya sebuah organisasi nonprofit, namun Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) terus berkomitmen berbuat untuk sesama. Termasuk pengurus yang berada di Kabupaten Banjar.

Kegiatan yang paling sering dan bisa dikatakan rutin oleh IPHI Banjar yakni manasik haji. Ini memang seolah merupakan kegiatan 'wajib' di lingkungan IPHI, namun bedanya di Kabupaten Banjar kegiatan ini selalu sangat semarak.

Pengurus IPHI Banjar punya 'resep' tersendiri di balik kesuksesan tiap kali menyelenggarakan manasik haji. "Kami selalu menghadirkan pemandu manasik ternama, yang memang sangat kompeten di bidang itu," ucap Wakil Sekretaris IPHI Banjar HA Fauzan Asniah, Sabtu (13/04/2019).

Setidaknya ada dua pemandu manasik haji yang menjadi langganan IPHI Banjar yaitu KH Hatim Salman dan Dr H Muhammad Husin.

Baca: Polisi Malaysia Periksa Surat Suara PIlpres 2019 yang Diduga Sudah Tercoblos

Baca: Sosok Gaib yang Sering Menangis di Rumah Anang-Ashanty, Meninggal Saat Hamil Muda, Bikin PRT Kabur

Latar belakang kedua tokoh Kabupaten Banjar tersebut memang tak meragukan lagi. KH Hatim Salman misalnya adalah seorang hakim di Pengadilan Agama, sedangkan Dr H Muhammad Husin adalah pimpinan lembaga swasta pendidikan tingggi agama ternama di Kabupaten Banjar.

"Beliau berdua itu sudah pakar betul di bidang manasik haji, sudah melanglang buana kemana-mana. Karena itu animo calhaj sangat tinggi," sebut Fauzan.

Itu sebabnya, lanjut panitera di Pengadilan Agama Martapura ini, manasik haji yang dilaksanakan IPHI Banjar selalu direspons antusias para calhaj. Jumlah mencapai ratusan orang.

Peserta tak cuma seluruh calhaj yang ada di Kabupaten Banjar yang jumlahnya sekitar 400 orang. Lebih dari itu juga diikuti oleh calhaj plus.

"Semuanya kami gelar secara gratis. Bahkan kami juga menyediakan konsumsi secara cuma-cuma," tutur Fauzan.

Tahun ini pihaknya bakal kembali menasik haji. Rencana tempatnya juga sama seperti biasanya yakni di STAI Darussalam, Martapura, karena cukup representatif dan mudah dijangkau.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved