Berita Tapin

NEWSVIDEO : Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tapin, Begini Suasananya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di TPS.

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di TPS.

Lokasi TPS simulasi menggunakan lapangan bola basket Bur Anwar di lapangan Dwi Dharma, Jalan Haryono MT, Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Sabtu (13/4/2019).

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tapin berkenan sebagai pemilih dalam simulasi sersebut.

Baca: Polda Kalsel Turunkan 3.460 Personel, Ini Kata Kapolda dan Harapan Pangdam IV/Mulawarman

Baca: Link Live Streaming Huesca vs Barcelona di beIN Sports 2 Malam ini, Siaran Tunda SCTV, Messi Absen

Baca: Aa Gym : Bismillah Saya Dukung Prabowo-Sandiaga, Doakan Pasangan Capres Nomor Urut 02

Baca: Mengenal Festival Coachella yang dihadiri Luna Maya dan Saudari Faisal Nasimuddin, Diana Nasimuddin

Pemilih simulasi tertib mengikuti tahapan pemungutan suara sejak mulai menyimak pengambilan sumpah dan janji petugas KPPS, pendaftaran dan pemanggilan pencoblos hingga mencelupkan jari pemilih ke tinta sebagai bukti sudah mencoblos.

Kegiatan penghitungan suara selesai sebelum pukul 12.00 Wita dengan pemilih sebanyak 200 orang. Kemudian istirahat sejenak untuk menyiapkan blangko formulir C1 Plano untuk tahapan penghitungan suara di TPS.

"Durasi pemungutan suara untuk satu pemilih kurang dari lima menit. Disiapkan empat bilik suara bagi pemilih," ujar Ketua KPU Kabupaten Tapin, Henny Hendriyanti.

Menurut Henny Hendriyanti, kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS tersebut sama persis dengan pelaksanaan pasa 17 April nanti.

"Harapan kami para KPPS yang melaksanakan simulasi dan yang menghadiri kegiatan ini dapat memahami dan mengerti tugas dan fungsinya pada pelaksanaan hari H nanti," katanya.

Baca: Nekat Datangi Rumah Korban, Pria ini Cabuli Gadis 14 Tahun Sejak SD Kelas V di Lampung Utara

Baca: Dinas Pariwisata Kotabaru Tambah Sayap Wisata Kuliner Siring Laut, Khsus untuk VIP

Henny mengaku para KPPS di 580 TPS sesungguhnya sudah mendapatkan buku panduan dan bimbingan teknis dari KPU Kabupaten Tapin.

Namun dengan melihat langsung simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS akan semakin memberi pemahaman dan pengertian para anggota KPPS di TPS nantinya. (banjarmasinpost/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved