Cetak BPost

Caleg Kawal Perolehan Suara

Saat surat suara diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kantor camat, caleg sibuk memeriksa dan me­ngumpulkan hasil perolehan mereka.

Caleg Kawal Perolehan Suara
banjarmasinpost group
Banjamasinpost edisi cetak Jumat (19/4/2019)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saat surat suara diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kantor camat, para calon anggota legislatif sibuk memeriksa dan me­ngumpulkan hasil perolehan mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Formulir C1 yang dibuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan berisi data suara menjadi sasaran mereka. Dana ini nantinya dicocokkan dengan hasil rekapitulasi PPK.

Ini seperti yang dilakukan caleg petahana DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dari PPP, Aserani, Kamis (18/4). “Iya saya sedang mengamankan C1 dari tingkat TPS hingga kecamatan,” katanya saat dihubungi BPost.

Aserani merupakan caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang terdiri atas Kecamatan Paminggir, Danaupanggang dan Babirik.

Setelah melihat hasil sementara, dia optimistis bisa kembali duduk di DPRD HSU. “Insya Allah periode yang kedua,” ucapnya.

Baca: Jokowi Kirim Utusan ke Prabowo, Terima Ucapan dari Erdogan dan Mahathir

Baca: Mengunjungi TK Inklusi di Desa Semayap, Empat Gurunya Rela Tak Digaji

Baca: Si Palui: Kajadian Mahawa

Hal serupa dilakukan Firman Yusi, caleg baru dari PKS untuk DPRD Provinsi Kalsel. “Saat ini sedang membantu partai mengumpulkan formulir C1 dari saksi untuk direkap,” kata caleg yang berlaga di Dapil HSU, Tabalong dan Bala­ngan ini.

Firman mengatakan masih terlalu dini untuk bisa menyimpulkan dirinya masuk DPRD Kalsel.

“Kita tunggu hasil penghitungan yang tengah dilakukan baik oleh partai maupun Komisi Pemilihan Umum,” katanya.

Namun demikian, dia berterima kasih kepada para pemilihnya serta dukungan para sahabat.

Perjalanan surat suara ke PPK di berbagai daerah mendapat pengawalan kepolisian. Ini seperti yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Perwira Pengamat Wila­yah (Pamatwil) Polda Kalsel Kombes Muji Edyanto terlihat melakukan pengecekan personel di sejumlah PPK, Kamis. Di antaranya di PPK Sungaipandan yang masuk wilayah Polsek Alabio.

Sedangkan Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopi­yan melakukan pengecekan di di PPK Haur Gading dan Amuntai Selatan.

“Tujuannya memastikan kesiapan personel dan proses berjalan kondusif,” kata Kasubaghumas Polres HSU Iptu Alam Saktiawara.

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved