NEWSVIDEO : Panen Perdana Kebun Sehat Sistem Hidroponik Baznas Provinsi Kalsel

NEWSVIDEO : Panen Perdana Kebun Sehat Sistem Hidroponik Baznas Provinsi Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar panen perdana kebun sehat Baznas provinsi setempat, Sabtu (20/4/19) pagi di kawasan RT 08 dan RT 09 Jahri Saleh Banjarmasin.

Nah dari hasil panen sawi sehat (pakcoy) Baznas Kalsel di kawasan Jahri Saleh Banjarmasin ini, diharapkan bisa dipasarkan di warga sekitar perumahan setempat, para pedagang bakso- mie ayam.

“Kita harapkan keberadaan kebun sehat Baznas Kalsel juga bisa memberikan lapangan pekerja bagi ibu-ibu di sekitar Jahri Saleh. Tukang bakso dan mie ayam kan perlu sayur sawi,” kata Kepala Baznas Kalsel, HG (P) Rusdi Effendi AR dalam panen perdana kebun sehat Baznas provinsi setempat, Sabtu (20/4/19) pagi di kawasan Jahri Saleh Banjarmasin.

Hadir dalam acara ini, Lurah Sungai Jinggah Zainuddin, para puluhan ibu rumah tangga pra sejahtera, dan pengurus Baznas Kalsel.

Menurut Rusdi, hasil sawit sehat ( pakcoy) yang ditanam dengan sistem hidroponik ini diharapkan ke depan juga bisa memasok mall atau retail modern seperti halnya di Kota Bandung. 

Baca: Baznas Kalsel Gelar Panen Perdana Kebun Sehat, Hasil Panen Dipasarkan di Warga Sekitar

Baca: Doa Malam Nisfu Syaban dari Syekh Abdul Qadir al-Jilani dan & 7 Amalan Malam Nisfu Sya’ban 2019

Baca: Bacaan Niat Sholat Malam & Puasa Nisfu Syaban Serta Doa Malam Nisfu Syaban 1440 H Malam Ini

Baca: Panduan Ibadah Malam Nisfu Syaban Malam Ini dan Niat Puasa Syaban 2019, Diawali Sholat Magrib

Baca: Baca Surah Yasin 3 Kali Setelah Sholat Magrib di Malam Nisfu Syaban 2019, Ini Penjelasannya

Para ibu-ibu di sekitar kebun sehat Baznas diharapkan bisa mengikuti pelatihan bagaimana menanam, merawat, memanen dan mengemas sawi sehingga punyai nilai jual.

“Ibu-ibu, tolong perhatikan tata cara menanam, memanen sampai nengemas,” katanya.

Pengelola kebun sehat Baznas Kalsel, Okta Wahyudi, menjelaskan budi daya sawi sehat ini menggunakan sistem hidroponik atau urban farming untuk daerah perkotaan.

Artinya, meski tak punya lahan, namun warga masih bisa menanam sayur, khususnya sawi.

Dijelaskannya, kebun sehat Baznas Kalsel sistem hidroponik ini menghindari pestisida kimia, namun masih menggunakan pestisida alami seperti bawang putih yang ditumbuk.

Halaman
12
Penulis: Edi Nugroho
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved