Berita Banjarmasin

Irjen Yazid Pantau Langsung Seleksi Akpol Tahun 2019, Kesehatan Casis Diperiksa

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Yazid Fanani memantau langsung pelaksanaan pemeriksaan kesehatan penerimaan anggota Polri

Irjen Yazid Pantau Langsung Seleksi Akpol Tahun 2019, Kesehatan Casis Diperiksa
istimewa/humas polda kalsel
Kapolda Kalsel Irjen Yazid Pantau Langsung Seleksi Akpol Tahun 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Yazid Fanani memantau langsung pelaksanaan pemeriksaan kesehatan penerimaan anggota Polri Terpadu TA.2019, Selasa (22/4/2019).

Pemantauan ini guna memastikan proses jalannya seleksi berjalan sesuai prosedur.

Untuk itu Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) dalam hal ini Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel menggelar Tes Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes)

Baca: Jadwal Babak 8 Besar Piala Indonesia 2018, Mulai Rabu (24/4/2019) Dibuka Borneo FC vs Persib Bandung

Baca: Pengakuan Istri Andre Taulany, Erin Taulany Pada Polda Metro Jaya Usai Dianggap Hina Prabowo

Baca: Diisukan Diincar Persija Begini Kata Hasnuryadi Sulaiman Soal Yoo Jae Hoon

Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes dr. Erwinn Zainul Hakim, bersama Tim Pemeriksa memberikan arahan kepada calon siswa (casis) yang akan menjalani Tes Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes).

Dalam arahannya Kabid Dokkes selaku Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan mengatakan, agar seluruh casis mengikuti segala aturan dalam sistem Rikkes ini.

Dalam pemeriksaan kesehatan tahap awal ini dipusatkan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri .
Terlihat para peserta tampak memakai kaos dan celana pendek warna putih-putih, dengan tertib antre untuk menjalani pemeriksaan oleh tim pemeriksa dari berbagai bidang tes.

Kepada tim pemeriksa kesehatan, Kabid Dokkes juga memberikan arahan sebelum memeriksa para Casis. Tim diminta agar selalu memegang prinsip BETAH dan mencatat setiap kekurangan atau penyakit yang diderita oleh Casis.

“Hasil dari pemeriksaan ini nantinya akan diberikan kepada Casis-Casis yang gagal atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Sebagai bukti keterbukaan pemeriksaan ini, dimana kekurangan Casis itu,” ucap Kombes dr. Erwinn Zainul Hakim, didampingi Kabid Humas Kombes M Rifai.

Karo SDM Polda Kalsel Kombes Defrian Donimando mengimbau agar Casis percaya diri dan berusaha dan berdo’a. Selain itu Jangan pernah percaya terhadap oknum-oknum yang menjanjikan lulus dengan imbalan uang.

"Memenuhi syarat atau Tidak Memenuhi Syarat itu semua berdasarkan kualitas dari Casis sendiri,” kata Karo SDM.

Sebanyak 86 orang peserta Calon Taruna Taruni Akpol TA.2019 Panda Polda Kalsel Gelombang I terdiri dari 75 Laki-laki dan 11 Wanita mengikuti tes tersebut, para peserta berasal dari seluruh wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca: Kejari Tanbu Telisik Markup Penggunaan Dana Daerah,  Jaksa Kumpulkan Bukti-bukti

Baca: Dua Siswa Peserta UN dari SMP Terbuka Sakit, Akan Diikutkan Pada Ujian Susulan

Seleksi dilaksanakan menggunakan sistem BETAH (bersih, transparan, akuntabel, dan humanis).

Adapun tahapan seleksi hari ini yakni Apel dan Absensi Peserta Seleksi Calon Taruna Taruni Akpol TA.2019 Panda Polda Kalsel Gelombang I, Kodifikasi, Arahan dari Tim Dokkes Polda Kalsel dan pengisian blanko kesehatan, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tensi, nadi, gigi, gusi, THT, fisik mata, virus mata, dan fisik dalam.

Dalam kesempatan ini turut hadir Wakapolda Kalsel Aneka Pristafuddin, Irwasda Polda Kalsel Kombes Djoko Poerbo Hadijojo, para Pejabat Utama Polda Kalsel, Panitia Seleksi, Pengawas Internal dan Pengawas Eksternal. (banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved