Berita Batola

KPU Batola : Semua Penghuni Rutan Kelas II B Marabahan Bisa Ikut Memilih

Komisi pemilihan umum (KPU) Batola, menegaskan berdasar C-1 hasil pencoblosan semua penghuni Rutan Kelas II B Marabahan bisa ikut memilih

KPU Batola : Semua Penghuni Rutan Kelas II B Marabahan Bisa Ikut Memilih
istimewa/muhidin kepala rutan kelas IIB Marabahan
PROSES penghitungan surat suara Pemilihan Presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif di Rutan Kelas II B Marabahan, Kabupaten Batola, Rabu (17/4/19) malam lalu. 

BANJARMASINPPOST.CO.ID, MARABAHAN - Komisi pemilihan umum (KPU)  Batola, menegaskan berdasar C-1 hasil pencoblosan semua penghuni Rutan Kelas II B Marabahan bisa ikut memilih.

Warga binaan rutan setempat bisa menyalurkan hak pilihnya setelah KPU setempat melakukan pergerseran surat suara dari tempat pemungutan suara (TPS) luar rutan di atas pukul 12.00 Wita.

“Jadi tidak benar KPU Batola tidak mengakomodir penghuni Rutan Kelas II B Marabahan dalam hal menyediakan surat suara. Kami melakukan pergeseran surat suara berdasarkan PKPU 9 pasal 228 saat pencoblosan Pemilihan Presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif di rutan setempat, Rabu (17/4/19) lalu,” tegas Ali, seorang komisioner KPU Batola, Senin (22/4/19).

Ali pun menunjukkan salinan C-1 dari TPS 28 dan 29 Rutan Kelas II B Marabahan. Semua surat suara jenis pemilihan dari persiden-DPR, DPD, DPRD Provinsi Kalsel dan DPRD kabupaten
semua tersedia tersedia.

Baca: Jadwal Siaran Langsung RCTI Semifinal Liga Champions Barcelona vs Liverpool & Tottenham vs Ajax

Baca: DPRD Kalsel Sayangkan Ekstensi Layanan Samsat Sempat Terhambat, Khawatir Pendapatan Lepas Target

Baca: Lakukan Penanamam Pohon Saat Peringati Hari Bumi, Bupati H Ansharuddin Sampaikan Pesan Ini

“Bahkan surat suara kami distribusikan dari TPS di luar Rutan Kelas II B dalam satu kelurahan Ulu Benteng. Tapi proses pemungutan di TPS luar masih berjalan namun sudah dapat kami perkirakan kisaran pemilih di TPS luar berkisar 80-85 % tingkat kehadiranya jadi sudah kami pastikan surat suara yg tidak digunakan bisa kami drop out ke lapas,” tegas Ali.

Diberitakan sebelumnya, Pilpres dan pemilihan legislatif di Rutan Kelas II B Marabahan, Kabupaten Batola, Rabu (17/4/19) pagi lalu tampaknya belum lancar.

Sejumlah napi di rutan setempat yang tidak bisa menyalurkan hal suaranya. Sebab, di Rutan tersebut baru didrop sembilan surat suara pada Rabu pagi.a

“Warga binaan atau nara pidana kita berjumlah sekitar 200 warga binaan. Surat suara yang sampai ke rutan masih sedikit,” kata Kepala Rutan Kelas II B Marabahan Kabupaten Batola, Moch Muhidin.

Baca: Jelang Ramadhan 2019/1440 H, Cara Persiapkan Tubuh Tetap Fit Saat Puasa Hari Pertama

Baca: Irjen Yazid Pantau Langsung Seleksi Akpol Tahun 2019, Kesehatan Casis Diperiksa

Menurut Muhidin, sebanyak 200 napi Rutan Kelas II B Marabahan, Kabupaten Batola, Rabu (17/4/19) pukul 13:30 Wita akhirnya bisa bernafas lega. Soalnya, mereka akhirnya bisa mencoblos pada pemilihan Presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif pada pukul tersebut.

“Alhamdulillah, masalah kurangnya surat suara sudah bisa diatasi dengan baik oleh KPU Batola. Termakasih banyak pihak KPI,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved