Bumi Sanggam

Lakukan Penanaman Pohon Saat Peringati Hari Bumi, Bupati H Ansharuddin Sampaikan Pesan Ini

Lakukan Penanamam Pohon Saat Peringati Hari Bumi, Bupati H Ansharuddin Sampaikan Pesan Ini

Lakukan Penanaman Pohon Saat Peringati Hari Bumi, Bupati H Ansharuddin Sampaikan Pesan Ini
diskominfo balangan
Penanaman pohon dalam rangkaian peringatan Hari Bumi, Senin (22/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Aksi penanaman pohon dalam rangkaian peringatan Hari Bumi tahun 2019 dilaksanakan Pemkab Balangan, Senin (22/4/2019) di halaman kantor bupati setempat.

Dalam kesempatan ini Bupati Balangan H Ansharuddin, mengapreasi bentuk pelaksanaan peringatan Hari Bumi yang disertai dengan aksi penanaman pohon.

"Kita harus memahami dan menghayati agar kegiatan ini bukan hanya sekadar seremonial saja, tetapi bagaimana tindakan nyata kita kedepannya dalam memelihara serta melestarikan lingkungan dan alam sekitar," ujar bupati.

Bupati juga menyampaikan keprihatinan terhadap terhadap keadaan bumi sekarang ini, dimana hampir setiap hari mendengar berita tentang adanya bencana alam, seperti banjir, longsor, kemarau berkepanjangan, kebakaran lahan, angin topan, gempa bumi dan sebagainya.

"Apakah kita masih mengatakan bahwa alam sudah tidak lagi ramah kepada kita semua? Ataukah kita sudah memahami bahwa semua itu adalah reaksi alam terhadap perbuatan manusia sendiri?" katanya.

Menurutnya, dengan adanya penebangan hutan, pembakaran lahan, penambangan liar, pemborosan energi minyak bumi, pencemaran laut dan udara, dan berbagai kegiatan tidak ramah lainnya yang merusak alam, sangat mempengaruhi keseimbangan alam, mengganggu keseimbangan ekosistem, sehingga muncullah berbagai macam bencana yang melanda umat manusia.

Untuk itulah, imbuhnya, sebagai salah satu wujud cinta terhadap bumi maka harus ada kontribusi nyata dalam memeliharanya.Salah satu caranya dengan menanam pohon, merawat serta melestarikannya.

"Kita tentu memahami fungsi pepohonan bagi bumi, baik udaranya, airnya maupun tanahnya yang semuanya tidak lain adalah untuk kepentingan penghuni bumi, terutama manusia," katanya.

Dengan menanam dan merawat pohon, maka menjadi bentuk partisipasi dalam menjaga bumi tetap baik dan bisa menghambat laju pemanasan global.

"Melalui aksi penanaman pohon pada hari ini, diharapkan ke depan nantinya dapat menggerakkan hati dan tangan kita untuk lebih aktif dalam menjaga bumi kita tetap hijau, dimulai dari pekarangan rumah ataupun tempat kerja masing-masing," katanya. (aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved