Berita Banjarmasin

UNBK di SMPN 9 Banjarmasin Sempat Tertunda Satu Jam, Jaringan Internet Alami Gangguan Mendadak

Gangguan jaringan menjadi satu kendala yang dihadapi siswa SMPN 9 Banjarmasin saat UNBK hendak dimulai, Senin (22/4/2019).

UNBK di SMPN 9 Banjarmasin Sempat Tertunda Satu Jam, Jaringan Internet Alami Gangguan Mendadak
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Para siswa SMPN 9 Banjarmasin nampak fokus saat mengerjakan soal UNBK. Sementara pengawas ujian terlihat menuliskan token untuk login, Senin (22/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gangguan jaringan menjadi satu kendala yang dihadapi siswa SMPN 9 Banjarmasin saat UNBK. Hal yang tidak diduga tersebut, tiba-tiba kejadian ketika pelaksanaan UNBK hendak dimulai, Senin (22/4/2019).

Kepala SMPN 9 Banjarmasin, Drs H Pahri mengatakan penundaan sempat terjadi selama satu jam karena kondisi internet yang mati total. Namun kemudian bisa diatasi pasca mendapatkan solusi sementara.

"Pelaksanaan UNBK kali ini ada sedikit gangguan. Dari Telkom tidak bisa terkoneksi ke internet. Kami mencoba menghubungi terus dan informasi yang kami dapat, katanya memang ada gangguan dan sampai saat ini masih dalam perbaikan, " ucap Pahri.

Ya, karena jaringan internet dari penyedia jasa layanannya tersebut mengalami gangguan, akhirnya pihak sekolah, terutama para pengawas memutuskan untuk menggunakan handphone.

Baca: Seluruh Server UNBK SMP di Tanahlaut Sinkron, Ini Penjelasan Kadisdik

Baca: MTs Mualimin Terbakar, Laboratorium Komputer Luput dari Api, UNBK Tetap Bisa Digelar  

Jaringan internet pada beberapa smartphone milik pengawas dihubungkan ke server yang kemudian membuat komputer siswa berstatus online. Sehingga UNBK pun kembali bisa digelar.

Sementara itu, para siswa masih nampak aktif mengerjakan soal ujian, karena sudah terkoneksi kembali dengan internet.

Pihak Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin yang meninjau lokasi juga terlihat terus mencari cara untuk penanganan tersebut. Termasuk menghubungi penyedia jasa layanan internet.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved