Berita HSS

Hasil Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara di 21 Puskesmas se-HSS, 13 Orang Positif

Pemeriksaan berdasarkan metode IVA test (Inspeksi Visual Asam Asetat), untuk kanker serviks dan metode Sadanis untuk kanker payudara

Hasil Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara di 21 Puskesmas se-HSS, 13 Orang Positif
Protokold dan Kehumasan Pemkab HSS
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah dan rombongan saat memantau pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, bekerjsama dengan DInkes HSS, Senin 22 April 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan HSS telah melaksanakan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dan kanker payudara terhadap 627 orang yang berpartisipasi dalam kegiatan dalam rangka memperingati hari Kartini. Hasilnya, 13 orang dinyatakan positif.

Pemeriksaan  berdasarkan metode IVA test (Inspeksi Visual Asam Asetat), untuk kanker serviks  dan metode Sadanis untuk kanker payudara tersebut, dilaksanaan di 21 puskesmas di seluruh kecamatan di Kabupaten HSS.

Kegiatan tersebut dalam rangkaian memperingati hari Kartini dan diselenggarakan serentak di  11 Kecamatan. Berdasarkan rilis bagian Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS, Selasa (23/4/2019) disebutkan selain 13 orang positif dari hasil pemeriksaan IVA, ada satu orang dinyatakan polip.

Adapun rincian pemeriksaannya, di Daha Barat ada 31 orang semuanya negatif, Daha Utara 133 orang, yang positif lima orang. Dikecamatan Sungai Raya 64 orang negative, Kecamatan Kalumpang 48 orang, dirujuk satu orang, di Telaga Langsat 35 orang, positif tiga orang, dan di Daha Selatan 61 orang semuanya negatif. Selanjutnya di Kecamatan Kandangan, dari 102 orang negatif, namun satu orang ditemukan polip.

Baca: Saksi Warga Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu Masa Tenang Tak Penuhi Undangan Bawaslu Tapin

Di Kecamatan LOksado, 14 orang ddiperiksa semuanya negative, di Kecamatan SImpur 34 orang diperiksa satu orang suspect dan rencananya dirujuk. Sementara di Kecamatan Angkinang, dari 30 orang diperiksa, tiga orang negative, beberapa orang akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. Terahir di Kecamatan Padang Batung, 72 orang yang diperiksa, negative. Mereka yang positif maupun suspect dirujuk ke rumah sakit untuk berobat.

Mengenai 13 orang yang positif tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Yankes), Dinas Kesehatan HSS,  Daru Priyanto, yang dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id  untuk  penjelasan terkait hal tersebut, belum memberikan tanggapannya. Dikorfirmasi via WA pun tak menjawab, meski pesan telah dibaca.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Acmad Fikry, Wakil Ketua TP PKK HSS beserta anggota memantau langsung kegiatan pemeriksaan tersebut. Turut berpatisipasi pula seluruh organisasi wanita di Kabupaten HSS.

Baca: Kejaksaan Negeri Banjarmasin Baru Terima Satu Berkas Pelanggaran Pemilu 2019 dari Gakkumdu

Wakil Ketua TP PKK HSS Srie Astutie menyatakan bersyukur atas  partisipasi masyarakat pada pemeriksaan IVA test dan Sadanis tahun ini yang meningkat dibanding tahun lalu.

 Adapun IVA test dan Sadanis diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Kartini 2019. Seluruh TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa dan seluruh anggota TP PKK Desa serta seluruh anggota organisasi wanita di HSS turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.

Tujuan pemeriksaan, untuk mendeteksi secara dini kanker serviks dan kanker payudara di kalangan perempuan di HSS.  (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved