Berita HST

Kepala Dispesip HST Ajak Anak Gemar Membaca dengan Lomba Bercerita

Untuk tingkat SMP untuk kelas VII dan VIII berjumlah 11 peserta dengan materi lomba cerita rakyat yang wajib dibawakan dengan Bahasa Banjar.

Kepala Dispesip HST Ajak Anak Gemar Membaca dengan Lomba Bercerita
istimewa/dispersip HST
Lomba bercerita bagi siswa SD, SMP,dan SMA, Selasa (23/4/2019) di Gedung Murakata, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Untuk meningkatkan minat baca anak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar lomba bercerita bagi siswa SD, SMP,dan SMA, Selasa (23/4/2019) di Gedung Murakata, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebenarnya, tak hanya lomba bercerita saja, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga menggelar lomba perpustakaan desa bagi siswa SD, SMP, dan SMA.

Untuk lomba bercerita untuk siswa kelas IV dan Kelas V SD ada 13 perserta. Meteri lomba cerita rakyat Kalimantan Selatan dan harus bercerita dengan Bahasa Indonesia.

Untuk tingkat SMP untuk kelas VII dan VIII berjumlah 11 peserta dengan materi lomba cerita rakyat yang wajib dibawakan dengan Bahasa Banjar.

Baca: Jumpah Pemilih PSU Berkurang dari 161 Pemilih Menjadi 146, Ini Penjelasan KPPS dan KPU HST

Sedangkan tingkat SMA yang mengikuti adalah siswa kelas X dan XI materi lomba mirip sama dengan tingkat SMP yang wajib menceritakan cerita rakyat dengan Bahasa Banjar. Jumlah pesertanya ada 11. Sedangkan untuk lomba perpustakaan ada 58 peserta yang terdiri dari perpustakaan SD hingga SMA.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Mardiyono, mengatakan dengan adanya lomba bercerita, setiap anak dituntut untuk lebih banyak membaca, sehingga, kegiatan ini sangat positif bagi siswa.

“Kegiatan lomba bercerita ini, diupayakan terus menerus sehingga dapat menciptakan generasi dan calon pemimpin masa depan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan lomba ini menjadi wadah mencari bibit dan bakat anak anak untuk bisa mengembangkan dirinya melalui media bercerita. Rencananya, pemenang lomba akan mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk maju ke tingkat provinsi.

“Kami harapkan bisa maju ke tingkat nasional,” bebernya.

Baca: Penjelasan KPU Kalsel Terkait PSU dan Larangan Memilih Bukan Domisili, Ini Jumlah Surat Suara PSU

Panitia Penyelenggara, Nor Asiyah Ariani, mengatakan tujuan lomba akan menumbuh kembangkan kegemaran membaca. Selain itu, menanamkan cinta kebudayaan, bangsa, persatuan, dan kesatuan.

“Kami ingin enarik minat baca anak tentang buku-buku cerita daerah dan menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara, terutama budaya lokal,” harpanya.

Lomba ini rencananya akan digelar hingga tanggal 25 April nanti. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved