Berita Tanahbumbu

Akses Jalan Desa di Tanahbumbu Ini Selalu Dipenuhi Kubangan Lumpur

Melewati jalan kubangan lumpur sepertinya menjadi hal biasa bagi masyarakat khususnya, warga Desa Satiung, Kecamatan Kusan Hilir

Akses Jalan Desa di Tanahbumbu Ini Selalu Dipenuhi Kubangan Lumpur
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Akses jalan yang dipenuhi kubangan lumpur di Desa Satiung, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Melewati jalan kubangan lumpur sepertinya menjadi hal biasa bagi masyarakat khususnya, warga Desa Satiung, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu. Keprihatinan Itu karena kurangnya perhatian pemerintah daerah setempat.

Jalan desa merupakan satu-satunya akses warga Satiung, selain ke beberapa desa. Akses ini juga satu-satunya digunakan ke ibu kota kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Hulu kecamatan tetangga.

Ironi, kondisi jalan kubangan lumpur tidak hanya dirasakan warga, terlebih disaat musim hujan sekarang ini. Namun sudah puluhan tahun, karena hingga sekarang jalan itu tidak pernah diaspal.

"Seperti itu kondisinya. Jalan tidak pernah diaspal," terang Kepala Desa Satiung Sapran kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (24/4/2019).

Menurut Sapran, kerusakan terparah terjadi dalam sebulan terakhir, karena badan jalan terus diguyur hujan. Ketika hujan jadi kubangan lumpur, saat panas kering.

Baca: Empat Sekolah Belum UNBK Mandiri, Disdik Banjarbaru Beri Bantuan ini

Baca: Gubernur Kalsel Serahkan SK Kepada 200 CPNS Baru, Ini Harapan Paman Birin

Namun sudah berlangsung sangat lama, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini ruas jalan sepanjang lebih kurang satu kilometer. Hampir-hampir tidak bisa dilewati, terpaksa karena satu-satunya akses.

Meski diakui Sapran, kubangan lumpur tidak merata. Hanya titik-titii tertentu, namun terjadi di sepanjang ruas jalan.

"Kerusakannya spot-spot. Antara kubangan satu dengan kubangan lainnya 10 sampai 20 meter," kata Sapran.

Saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) sudah melakukan penanganan. Namun hanya sementara dengan menimbun kubangan lumpur, agar jalan tetap bisa diakses masyarakat.

Tetap berharap kepada pemerintah daerah melakukan perbaikan kondisi badan jalan secara total. Seperti pengaspalan seperti halnya di wilayah perkotaan, untuk kenyamanan masyarakat.

Hingga berita diturunkan belum didapat konfirmasi pihak Dinas PUPR setempat.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved