Berita HSS

Bawaslu HSS Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di Desa Haratai Loksado, Ini Penyebabnya

Salah satu TPS di Desa Haratai Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, bakal melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Bawaslu HSS Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di Desa Haratai Loksado, Ini Penyebabnya
banjarmasinpost.co.id/hanani
Anggota Polres HSS mengangkut kotak suara dan bilik suara dari PPK Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat ke Gudang Losgistik Jalan ALuh Idut, Kandangan, MInggu, 21 April 2019 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Salah satu TPS di Desa Haratai Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, bakal melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Hal itu terjadi karena Panwascam Loksado melaporkan ada empat orang pemilih yang masuk DPT dan sudah mendapatkan formulir C6 atau undangan memilih  dari desa lain, diterima KPPS setempat mencoblos di TPS 3 tersebut. Mereka mencoblos di TPS tersebut, tanpa membawa formulir A5.

Ketua Bawaslu HSS Hasnan Fauzan, yang dikonfirmasi  menjelaskan, syarat untuk pindah TPS adalah memohon ke KPU untuk mendapatkan formulir A5.

“Apakah itu lintas desa, kecamatan, kota, provinsi. Apalagi masa kepengurusan sudah tiga kali diperpanjang, dan ditutup 10 April 2019”kata Hasnan. Karena masalah tersebut, jelas Hasnan, Bawaslu HSS melalui Panwascam Loksado merekomendasikan PSU ke KPU. Untuk TPS 3 Desa Haratai,”katanya.

Dijelaskan di TPS 3 Desa Haratai tersebut, tercatat 170 orang lebih pemilih berdasarkan DP. Rekomendasi PSU tersebut telah disampaikan ke KPU HSS . Disebutkan di HSS ada 844 TPS tersebar di 11 kecamatan.

Baca: KPU Banjar Tunggu Kiriman Logistik untuk Gelar Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS ini

Baca: Aktivis Cinta Demokrasi dan Emak-emak Datangi KPU Kalsel Tuntut KPU Berlaku Jujur, Adil dan Amanah

Sementara itu, ketua KPU HSS, NIda Guslaili Rahmadina, Rabu (24/4/2019) menyatakan, setelah mengkaji rekomendasi Bawaslu HSS melalui PAnwascam Loksado tersebut, pihaknya menjadwalkan PSU di desa tersebut.

“Rencananya akhir pekan nanti, insya Allah Sabtu 27 April 2019, sebelum rapat pleno tingkat kabupaten,”katanya. KPU HSS jelas Nida mulai menyiapkan pelaksanaannya, dan permohonan pelaksanaan sudah disampaikan ke KPU RI melalui KPU Kalsel. Diharapkan setelah PSU tersebut, tak ada lagi permasalahan terkait pelaksanaan Pemilu serentak di HSS, yang secara umum berjalan lancar, aman dan damai. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

FOTO : Anggota Polres HSS mengangkut kotak suara dan bilik suara dari PPK Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat ke Gudang Losgistik Jalan ALuh Idut, Kandangan, MInggu, 21 April 2019 lalu. 

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved