Berita HSS

Ketua Baznas Kalsel  Minta UPZ STAI Darul Ulum HSS AKtif Gerakkan Zakat di Kalangan Profesi

20 orang kalangan akademisi dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dikukuhkan sebagai anggota UPZ Baznas.

Ketua Baznas Kalsel  Minta UPZ STAI Darul Ulum HSS AKtif Gerakkan Zakat di Kalangan Profesi
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pengukuhan UPZ Baznas di Aula Kampus STAI Darul Ulum Kandangan, HSS oleh Ketua Baznas Kalsel HG Rusdi Effendi AR, Rabu (24/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sebanyak 20 orang kalangan akademisi dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dikukuhkan sebagai anggota unit pengumpul zakat (UPZ) oleh Badan Amil Zakat NAsional (Baznas) Kalsel, Pangeran H GUsti Rusdi Effendi AR, Rabu (24/4/2019), di Aula kampus setempat Jalan Amawang, Kandangan. Pengukuhan tersebut dihadiri pluhan mahasiswa.

Gusti Rusdi Effendi, yang juga Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group yang hadir bersama sejumlah pengurus Baznas Kalsel, antara lain Auditor, HM Arsyad, Nawawi, serta pakar ekonomi syariah Asmadi berharap, para UPZ yang dikukuhkan bisa lebih aktif dalam menggerakkan zakat, baik di kalangan instansi maupun profesi agar menyalurkan zakat hartanya melalui BAznas.

Dijelaskan Rusdi, Baznas Kalsel sendiri punya sejumlah program inovatif, dalam penyaluran dana ummat Islam tersebut.

Antara lain, program ibu hamil sehat dengan sasaran ibu hamil dari kalangan masyarakat miskin, yang pada 2018 lalu disalurkan ke 130 orang, tersebar di berbagai kabupaten di Kalsel, termasuk HSS.

“Untuk 2019 ini, kami melaksanakan program nikah massal dengan sasaran juga warga miskin yang kesulitan menyelenggarakan pernikahan.

Baca: NEWSVIDEO : Baznas Kalsel Biayai 25 Ibu Hamil Prasejahtera Selama Enam Bulan

Baca: Begini Gaya Galuh Tanahbumbu dan Model Banjarmasin Padu Padan Makeup dan Jilbab

Dijelaskan, program tersebut dilaksanakan setelah lebaran idul Fitri , dengan target 50 orang, diambil dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel, melalui pengurus Baznas masing-masing daerah.

“Jadi semua biaya pernikahan serta syukurannya ditanggung Baznas, dan dilaksanakan di masjid Sabailal Muhtadin Banjarmasin.  

Sementara, Ketua STAI Darul Ulum, Muhsin Aseri, menyampaikan terimakasih kepada Baznas Kalsel, yang mempercayakan jajarannya kampusnya sebagai pengumpul zakat.

Dijelaskan, sebenarnya STAI Darul Ulum sebelumnya sudah pernah mengelola dan mendistribusikan dana umat tersebut di bawah lembaga Zakat Infak Sedekah (ZIS) yang dikelola para mahasiswa dan dosen.

Adapun penyalurannya, kata Muhsin melalui bantuan ekonomi produktif, serta disalurkan ke perdesaan untuk pengembangan ekonomi ummat serta beasiswa untuk mahasiswa tak mampu.

Baca: Sumaryoto, Caleg Partai Nasdem Tanahlaut Meninggal Dunia, Diduga Kelelahan Kampanye PIleg 2019

Baca: Ditinggal Melaut, Rumah Anshari Pudin Terbakar dan Tinggal Puing di Aluh-aluh Besar

“Kami berharap, kepada BAznas, jika memungkinkan bisa berbagi dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa di sini yang  kurang mampu agar mereka bisa bertahan kuliah. Baznas HSS dan KAlsel, juga bisa membantu pengembangan ekonomi umat di wilayah pegunungan, yang terdiri para pendakwah dan mualaf,”katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Gusti Rokhaimi perwakilan BAznas HSS, serta para mahasiswa dan dosen STAI Darul Ulum Kandangan. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved