Berita Tabalong

Baznas Beri Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil di Tabalong

Baznas Kalimantan Selatan kembali melaunching Program Ibu Hamil Sehat dimana kali ini dilaksanakan di Kabupaten Tabalong

Baznas Beri Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil di Tabalong
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Baznas Kalsel kembali melaunching Program Ibu Hamil Sehat dimana kali ini dilaksanakan di Kabupaten Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan kembali melaunching Program Ibu Hamil Sehat dimana kali ini dilaksanakan di Kabupaten Tabalong. Sebelumnya telah enam kabupaten yang telah diresmikan program serupa.

Ketua Baznas Tabalong mengaku sangat mendukung dengan program ini, selain membantu ibu hamil yang terkategori warga kurang mampu juga membantu dalam hal kesehatan sehingga anak dalam kandungan bisa lahir dengan sehat.

“Ada 30 ibu hamil yang mendapatkan bantuan berupa makanan pokok dan makanan tambahan, dan diberikan setiap bulan selama enam bulan,” ujarnya.

Pemerintah Daerah juga mendukung pemberian bantuan dalam bentuk makanan karena bisa memperbaiki nutrisi ibu hamil.

Baca: Meriahkan 9th Anniversary, Hapeworld Gelar Hapeworld Got Talent Hingga Grand Opening Noona Cosmetic

Baca: Laksanakan PSU di TPS nya, KPPS Ini Mengaku Bekerja Lebih Hati-hati

Baca: Jelang Ramadhan 2019/1440 H, Menu Buka Puasa dan Tips Sehat Sehatnya

Baznas Tabalong juga telah bekerjasama dengan Dinas Catatan Sipil untuk membantu warga kurang mampu tersebut agar jika anaknya lahir bisa diberikan akta kelahiran.

Untuk saat ini Baznas baru menjalankan program ini di tiga kecamatan yaitu Tanjung, Tanta dan Murung Pudak namun pihaknya juga berharap bisa terus diperluas penerimanya.

Ketua Baznas Provinsi Parengan Gusti H Rusdi Effendi mengatakan program ini baru dijalankan di Kalimantan Selatan, da nada di beberapa Kabupaten lain yang telah lebih dulu berjalan dan terbukti sukses. Anak anak para penerima juga dibuatkan acara Tasmiah dan para bayi lahir dengan sehat.

“Tujuannya untuk pengentasan kemiskinan serta meningkatkan kesehatan ibu dan anak pada masa kehamilan, satu orang ibu mendapatkan Rp 5 juta yang disalirkan dalam bentuk makanan,” ujarnya.

Gusti Rusdi Effendi juga menyinggung mengenai pemanfaatan Islamic Center yang ada di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak, mengingat PG H Rusdi Effendi juga merupakan ketua dewan masjid Kalsel.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan penerapan program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, Dana hibah untuk Baznas saat ni Rp 150 juta dan akan kembali ditambah pada perubahan sebesar Rp 100 juta untuk meningkatkan kinerja Baznas Tabalong.

“Untuk kepengurusan islamic center juga tengah dilakukan,” ujarnya.

Usai kegiatan tersebut Basznas juga menggelar Renncana Strategi yang diikuti oleh Baznas dari seluruh kabupaten.

Baca: Bupati HSS Terima Rekomendasi Atas LKPJ Kepala Daerah 2018, DPRD HSS Respon Keberhasilan Fikry

Baca: Sikapi Pabrik Wood Pallet Mangkrak, Pejabat Pemkab Banjar Segera Temui Pejabat Kementerian Ini

Sekretaris Baznas Provinsi Kalsel Rafii mengatakan pembentukan Renstra ini diharapkan dapat memfokuskan program yang dijalankan. Bidang yang dilaksanakan Baznas diantaranya adalah ekonomi, Pendidikan, Kesehatan,Dakwah Advokasi dan Kemanusiaan.

“Setiap daerah diminta untuk membuat rincian dari pengamalan seluruh bidang yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing masing,” ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved