Berita Kalteng

Begini Cara Bupati Barito Selatan Kalteng Bangun Ekonomi Desa, Cari Pemimpin BUMDes yang Handal

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan, Pemkab Barito Selatan membentuk Badan Usaha Milik Desa

Begini Cara Bupati Barito Selatan Kalteng Bangun Ekonomi Desa, Cari Pemimpin BUMDes yang Handal
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri dan Ketua Tim Penggerak PKK Barsel, Hj Permana Sari, saat melakukan pertemuan di sebuah desa untuk suksesnya program pembangunan di desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BUNTOK - Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan, Pemkab Barito Selatan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar masyarakat diperdesaan yang ada di kabupaten tersebut, semakin sejahtera.

Beberapa warga desa yang ada di Barito Selatan berharap jalan-jalan maupun pembangunan fisik dilakukan untuk pemerataan pembangunan, tidak hanya terfokus di perkotaan saja tetapi juga diperdesaan, sehingga tercipta keadilan hingga ke perdesaan.

Sebab itu, dalam menunjang lajunya bidang perekonomian di masing-masing desa pada wilayah Barsel, tentu perlu adanya pemimpin Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai wirausaha yang baik.

Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri, Jumat (26/4/2019) mengatakan, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarajat Desa setempat, mengatakan, pembangunan di tingkat desa harus sejalan dengan program pembangunan daerah Kabupaten Barsel yang tertuang pada sapta program bupati dan wakil bupati periode tahun 2017-2022.

Baca: Penanganan Kasus Oknum Polisi Penabrak Tiga Mahasiswa Lambat, Mahasiswa Desak Penyidik Profesional

Baca: Ribuan Mahasiswa Palangkaraya Gelar Aksi di Lokasi Tiga Rekannya Tewas Ditabrak Oknum Perwira Polisi

"Dengan adanya BUMDes, tentu perekonomian dalam satu desa bisa lebih berkembang, dan akan tercipta pengusaha perdesaan yang handal dengan pembinaan yang dilakukan oleh lembaga yang menanganinya. Program peningkatan ekonomi rakyat dan program pengelolaan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) bisa dikembangkan,” katanya.

Dalam pengembangan perekonomian masyarakat perdesaan ini juga Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri juga, melalui Dinas PUPR juga membangun jalan tembus antar desa dan kecamatan sehingga memudahkan interaksi antara masyarakat di perdesan untuk menuju perkotaan.

Mantan Ketua HIPMI Kalteng ini, mengatakan, arah kebijakan strategis dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Barsel, meningkatkan bidang pembangunan ekonomi.

"Pemberdayaan kelembagaan ekonomi desa dalam hal ini pembentukan BUMD,l, sangat penting, sebagai pendorong peningkatan ekonomi perdesaan," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved