Berita Banjar

Pemilu Telah Berlalu, Terminal Pal 17 Masih Begini

Pengoperasionalan Terminal Gambut Barakat (TGB) di kawasan Jalan A Yani, Gambut, Kabupaten Banjar hingga kinitak kunjung terealisasi.

Pemilu Telah Berlalu, Terminal Pal 17 Masih Begini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ARDONO, kepala BPTD Wilayah XV Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pengoperasionalan Terminal Gambut Barakat (TGB) di kawasan Jalan A Yani, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), hingga kini tetap tak kunjung terealisasi.

Bahkan belum ada tanda-tanda kapan terminal induk antarkota antarprovinsi (AKAP) tersebut bakal dioperasionalkan. Padahal sesuai hasil rapat lintas sektor pertengahan Februari 2019 lalu, TGB dioperasionalkan mulai 25 Februari.

Kala itu, mulai tanggal tersebut seluruh AKAP, AKDP (angkutan kota dalam provinsi) serta angkutan desa (angdes) yang trayeknya melintasi TGB diwajibkan drop atau menurunkan penumpang di TGB.

Baca: Panel Listrik Pendopo Rantau Baru Dicuri, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Baca: Rencanakan Bentuk Komunitas Adat Terpencil, Dinsos Balangan Gelar Semiloka

Baca: Nikita Mirzani Tertawakan Sosok di Foto Pernikahan Ivan Gunawan yang Ada Krisdayanti & Iis Dahlia

Namun kemudian urung menyusul adanya permintaan pelonggaran waktu dari kalangan owner perusahaan otobus (PO) untuk melakukan pemindahan kantor, pegawai, dan perlengkapan penunjang lainnya. Dekatnya momen pemilu (17 April) kala itu juga menjadi pertimbangan lainnya.

Pemilu kini telah berlalu, kapan TGB dioperasionalkan? "Belum, masih belum. Kami perlu berkoordinasi kembali dengan institusi terkait serta stakehoulder lainnya," ucap Kepala Balai Pengelola Transportasi Dara (BPTD) Wilayah XV Kalimantan Selatan, Ardono, Jumat (26/04/2019).

Apalagi saat ini pihaknya juga masih disibukkan dengan berbagai kegiatan internal seperti rapat kerja dan diklat di Kementerian Perhubungan. "Kegiatan kami juga banyak. Ini kami juga baru tiba dari acara kementerian selama seminggu di Jakarta. Dua orang Senin nanti berangkat lagi, dua orang lagi ke Entikong. Tersisa satu orang, akan rapat dengan Polda persiapan angkutan lebaran," ucapnya.

Bahkan rencananya, Jumat (28/04/2019), juga ada kunjungan dari pejabat Biro Perencanaan Kemenhub untuk meninjau TGB. "Jadi, ini kami memang sedang banyak kegiatan yang sedang ditangani," tandas Ardono.

Mengenai pengoperasian TGB, ia menegaskan tetap akan dilaksanakan. Hanya saja lebih dulu pihaknya nanti akan kembali berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Tak cuma dengan institusi pemerintah serta Polri/TNI, tapi juga dengan pihak pelaku angkutan dan lainnya.

Baca: NEWSVIDEO : Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Menggunakan Alat Pemadam Baru

Baca: Inflasi Lamban Teratasi, Sudah Saatnya Kalsel Punya Perusda Khusus Perdagangan Sembako 

Lebih lanjut ia mengatakan meski TGB belum dioperasionalkan, tapi selama ini armada AKAP, AKDP telah mulai masuk ke TGB. "Memang belum menurunkan penumpang, masih sebatas lapor," sebutnya.

Tapi, jika ada penumpang yang ingin turun di TGB juga dipersilakan. Namun sementara ini umumnya masih drop di terminal pal 6 Banjrmasin. "Kau drop di TGB kan juga belum siap karena belum ada angkotnya," tandas Ardono.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved