Bumi Sanggam

Peringati Hari Bumi Dinas LH Kerjasama Balangan Green Leader Gelar Wanawisata

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Balangan Green Leader, menggelar kegiatan yang berkaitan

Peringati Hari Bumi Dinas LH Kerjasama Balangan Green Leader Gelar Wanawisata
dinas lingkungan hidup balangan
Peringati Hari Bumi Dinas LH Kerjasama Balangan Green Leader Gelar Wanawisata 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Balangan Green Leader, menggelar kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan.

Kegiatan yang digelar di antaranya, wanawisata dan aksi Kecil Bersih Hutan Desa Marajai di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel, Selasa, (23/4/ 2019)

Kegiatan yang digagas Balangan Green Leader (BGL) ini awalnya akan digelar pada saat BGL melaksanakan kegiatan Eco Youth Camp (EYC) 2 yang melibatkan guru-guru sekolah program Adiwiyata maupun non Program Adiwiyata beberapa waktu lalu.

Namun karena tidak bisa terlaksana, maka akhirnya digelar bersamaan dengan momen peringatan Hari Bumi tahun 2019.

Kadis LH Balangan, Musa, Kamis (25/4/2019) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah wawasan dari para pendidik yang telah mengikuti EYC 2 terhadap tanaman lokal, dan buah langka yang ternyata banyak berada di Desa Marajai Kecamatan Halong.

Peringati Hari Bumi Dinas LH Kerjasama Balangan Green Leader Gelar Wanawisata

Peringati Hari Bumi Dinas LH Kerjasama Balangan Green Leader Gelar Wanawisata

(dinas lingkungan hidup balangan)

"Tentunya juga untuk semakin menumbuhkan rasa cinta dan peduli lingkungan kepada para peserta," katanya.

Kegiatan ini sendiri melibatkan guru dari SDN Hujan Mas 1, SDIT Darul Fikri, SMPN 3 Paringin, SMKPPN Paringin, SMAN 2 Juai juga beberapa karyawati Dinas LH.

Untuk narasumber yang menjadi penggerak kegiatan ini adalah Hanif Wicaksono, ASN dari Penyuluh KB yang melestarikan tanaman-tanaman endemik Kalsel, dan juga melestarikan buah-buah langka.

Diketahui Hanif Wicaksono adalah pioner kegiatan Festival Buah Lokal Tahun 2019 beberapa waktu lalu, yang mana kegiatannya bertempat di Desa Marajai, kemudian Hanif juga adalah satu-satunnya wakil dari Provinsi Kalsel yang juga saat ini ikut serta dalam penilaian Kalpataru Tahun 2019, dan sudah masuk dalam nominasi Penghargaan Kalpataru 2019.

"Kegiatan aksi bersih-bersih juga dilaksanakan saat perjalanan kembali di titik awal wanawisata di hutan Desa Marajai, yang mana peserta mengambil sampah plastik yang ada dihutan untuk ditaruh ke tempat sampah yang semestinya," ungkapnya.

Kegiatan di akhiri dengan makan bersama di pinggir sungai Desa Marajai dengan ciri khas dari giat BGL yaitu selalu mengurangi penggunaan tempat makan sekali pakai saat berkegiatan, dan peserta seluruhnya makan dengan membawa tumblr masing-masing.

"Turut serta pula rekan-rekan dari Kesatuan Pengelola Hutan Kabupaten Balangan yang juga turut memandu peserta dalam kegiatan ini," ujarnya. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved