Pemilu 2019

Rekapitulasi Perhitungan Suara di Kecamatan Berjalan Lamban, Terkendala Formulir C1 Tak Lengkap

Proses rekapitulasi di tingkat Kecamatan di Kota Banjarmasin masih berlangsung, Jumat (26/4/2019).

Rekapitulasi Perhitungan Suara di Kecamatan Berjalan Lamban, Terkendala Formulir C1 Tak Lengkap
Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Kecamatan Banjarmasin Utara
Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Kecamatan Banjarmasin Utara, Jumat (26/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kurang lebih sembilan hari setelah proses pemungutan suara Pemilu 2019 pada Rabu (17/4/2019), proses rekapitulasi di tingkat Kecamatan di Kota Banjarmasin masih berlangsung, Jumat (26/4/2019).

Walaupun masih dalam rentang waktu yang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU RI, namun bukan berarti proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan sama sekali tanpa kendala.

Adanya formulir C1 dari beberapa TPS yang tidak lengkap terisi atau bahkan kosong menjadi salah satu kendala utama dalam proses rekapitulasi ini.

Baca: Walikota Nadjmi Tutup Banjarbaru Fair 2019, Transaksi Capai Rp 5,3 Miliar

Baca: Jadwal Siaran Langsung Akad dan Resepsi Pernikahan Irish Bella dan Ammar Zoni di SCTV

Baca: Fakta Sebenarnya Foto Nikahan Ivan Gunawan, Tanpa Ayu Ting Ting, Ini Daftar Tamu Selain Krisdayanti

Contohnya di Kecamatan Banjarmasin Utara, yang menurut Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Utara, Iberahim ada lebih dari lima TPS yang formulir C1 nya tidak lengkap atau kosong.

Karena itu, PPK bersama petugas KPPS disaksikan saksi dan Panwaslu harus kembali mencocokkan data dari formulir C1 Plano atau bahkan beberapa harus kembali membuka kotak suara dan lakukan perhitungan ulang.

Hal ini menurut Iberahim memakan waktu banyak yang menghambat kelancaran proses rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Padahal menurutnya pihaknya ditargetkan KPU Kota Banjarmasin untuk menyelesaikan seluruh proses ini paling lambat Rabu (1/5/2019).

Namun dengan kerja keras tak jarang hingga larut malam, PPK di Kecamatan ini sudah menyelesaikan rekapitulasi suara lima Kelurahan dari total sepuluh Kelurahan.

"Lima sudah fix diplenokan, sekarang masih berjalan rekapitulasi dari empat Kelurahan dan sore ini dimulai rekap dari Kelurahan terakhir Sungai Andai. Jadi kalau lancar target kami selesai Hari Minggu (28/4/2019)," kata Iberahim.

Mempercepat proses ini, Iberahim arahkan PPK untuk lakukan proses rekapitulasi secara paralel dengan maksimal empat rekapitulasi secara bersama.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved