Breaking News:

Pemilu 2019

Seluruh Kotak Suara HSS Sudah Kembali ke Gudang Logistik, Dijaga 24 Jam Anggota Bersenjata

Kapolres Hulu Sungai Selatan AKBP Dedy Eka Jaya memastikan, seluruh kotak suara dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan sudah di gudang

Penulis: Hanani | Editor: Didik Triomarsidi
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kapolres Hulu Sungai Selatan AKBP Dedy Eka Jaya memastikan, seluruh kotak suara dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 11 kecamatan sudah berada di gudang Logistik KPU di Jalan Aluh Idut Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Kotak suara dan bilik suara tersebut dijaga personel gabungan terdiri anggota Polres HSS dan Kodim 1003 Kandangan.

Disebutkan, total kotak suara yang disimpan di gudang tersebut ada 4,.220 kotak dari 844 TPS se-HSS. "Kotak suara tersebut kami jaga dan amankan terus sampai proses tahapan pemilu serentak 2019 selesai," kata Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya didampingi Wakapolres Kompol Arief Himawan.

Kapolres mengatakan, personel Polri dan TNI yang bertugas menjaga gudang logistik KPU selama 1 kali 24 jam secara bergantian, dan mereka bersenjata lengkap. Adapun jumlah personelnya, minimal 12 orang di tempatkan di depan gudang logistik.

Baca: Alasan Sandiaga Menolak Ungkapkan Lokasi Penghitungan Suara

Baca: Temuan Surat Suara Tercoblos Dihentikan, Status Laporan Tunggu Rapat Pleno

Baca: Bawaslu dan KPU Kalsel Pantau Proses Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS di HSU. Ini yang Ditemukan

"Per shifnya enam personel, empat dari Polri dua dari TNI," kata Kapolres.

Pengawalan tersebut juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah serta seluruh unsur masyarakat. Dijelaskan, pengamanan Pemilu 2019 di HSS dimulai dari pendistribusian logistik dari gudang KPU sampai proses pleno di seluruh PPK.

Selanjutnya kegiatan pengembalian logistik pascapemuli dari PPK ke Gudang logistik, juga mendapat pengawalan yang ketat melibatkan beberapa personel. Pengangkutan menggunakan armada truk.

"Jadi setelah proses penghitungan suara dan pleno, diantar kembali ke gudang logistik KPU dalam kondisi lengkap, dengan pengawalan dan pengamanan sesuai standar operasional yang ada," kata Kapolres.

Terakhir, kapolres mengimbau semua pihak mendukung pembangunan HSS yang lebih sejahtera, dengan menjaga suasana tetap kondusif sehingga berbagai program pembangunan untuk kepentingan publik bisda dilaksanakan dengan baik dalam situasi aman dan tertib.

Sementara itu KPU HSS menjadwalkan, rapat pleno penghitungan suara tingkat kabupaten bakal dilaksaakan 22 April 2019 mendatang di pendopo kabupaten HSS.

Di Kabupaten HSS berdasarkan penghitungan suara sementara, untuk pasangan Capres/Cawapres, Prabowo-Sandi berhasil unggul, sedangkan untuk perolehan suara caleg, KPU belum memberikan hasil perhitungan suara sementara dengan alasan masih proses.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved