Berita HST

KPPN Barabai Gelar Pelatihan Evakuasi Bencana Gempa, Kalimantan Berpotensi Gempa

Untuk menindaklanjuti instruksi Kantor Pusat, KPPN Barabai bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah

KPPN Barabai Gelar Pelatihan Evakuasi Bencana Gempa, Kalimantan Berpotensi Gempa
KPPN Barabai
Penanggulangan bencana KPPN Barabai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Untuk menindaklanjuti instruksi Kantor Pusat, KPPN Barabai bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar latihan evakuasi bencana, khususnya gempa bumi.

Latihan ini, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019. Apalagi berdasarkan Undang-Undang No 24 Tahun 2007 yang disahkan pada tanggal 26 April 2007 menjadi dasar diperingati sebagai HKB Nasional.

Latihan evakuasi dilakukan di Ruang Pelayanan sampai ke halaman KPPN Barabai berlangsung , dipandu oleh BPBD Kabupaten HST.

Peserta latihan evakuasi bencana ini seluruh pejabat, pegawai dan honorer KPPN Barabai.

Baca: NEWSVIDEO : Madrasah Kindaung  Sambut Orang Tua Siswa Baru Dengan Work Shop Parenting

Baca: SESAAT LAGI Live Streaming Trans7 & Trans TV Konser Red Velvet Malam ini Jam 19.00 WIB, Ada Syahrini

Kepala KPPN Barabai, Dayu Rusanto, mengatakan mindset penanggulangan bencana harus diubah dari yang bersifat responsif menjadi preventif. Termasuk mindset para pegawai KPPN Barabai harus diubah dan harus mau berubah ke arah yang lebih baik.

Instruktur Evakuasi BPBD HST, Rudi, mengatakan jika dahulu pemikiran orang awas secara umum Kalimantan adalah pulau yang aman dari gempa bumi.

Namun semenjak terjadinya gempa dan tsunami di Palu maka Kalimantan sudah bukan zona aman lagi. Walaupun gempanya bukan jenis gempa tektonik, namun gempa karena pergeseran/pergerakan tanah, dan telah terjadi di Bontang dan Tabalong beberapa waktu yang lalu.

"Oleh karena itu sangat tepat sekali jika warga Barabai juga harus siap siaga dengan bencana gempa bumi. Apalagi dengan struktur bangunan kantor bertingkat seperti yang dimiliki KPPN Barabai,” tegasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved