Pahit Getir Persalinan Ternak

Lakukan Persalinan Sesar Ternah Sapi di Tanahlaut, Juadi Harus Siapkan Kandang Jepit dan Bius Lokal

Persalinan sapi melalui operasi sesar, selain memerlukan keahlian khusus, juga membutuhkan perlengkapan (perlatan) serta tempat yang khusus pula.

Lakukan Persalinan Sesar Ternah Sapi di Tanahlaut, Juadi Harus Siapkan Kandang Jepit dan Bius Lokal
Juadi untuk banjarmasinpost.co.id
PERSALINAN - Juadi mengelap tubuh anak sapi yang baru saja lahir di tempat peternakan sapi Pelaihari, Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID - TAK mudah melakukan persalinan ternak sapi melalui operasi sesar. Selain memerlukan keahlian khusus, juga membutuhkan perlengkapan (peralatan) serta tempat yang khusus pula.

Setidaknya ada dua hal penting yang wajib disiapkan yakni kandang dan bius. Sapi betina yang akan menjalani sesar tak bisa dilakukan di kandang biasa, mesti disiapkan kandang khusus yang disebut kandang jepit.

Dinamakan kandang jepit karena fungsinya untuk mengapit atau menjepit tubuh sapi betina agar gerakannya terbatas.

Ini penting supaya saat dilakukan prosesi pembedahan, sapi tetap tenang pada posisinya sehingga inseminator dapat melakukan tugasnya secara lancar.

Sebelum tindakan operasi dilakukan tentu lebih dulu dilakukan pembiusan. "Ada dua cara, bius lokal dan total. Tapi, yang lazim cukup bius lokal," ucap Juadi, inseminator swadaya Kabupaten Tanahlaut (Tala), di Pelaihari, Jumat (26/04/2019).

Baca: Sapi Pun Juga Bisa Lahir Sesar, Opsi Penyembelihan Jalan Terakhir

Perlengkapan lain yang harus disiapkan, sebutnya, antara lain pisau, jarum suntik, pipet, benang, termasuk tali sepatu. Seluruhnya mesti disiagakan dalam kotak tersendiri sehingga mudah untuk mengambilnya.

Semua perlengkapan tersebut juga harus dipastikan dalam kondisi bersih dan steril.

"Soalnya, jika kotor dikhawatirkan ada bakteri yang menempel pada perlengkapan dan itu bisa berdampak negatif," tandas warga RT 05 RW 01 Desa Sumbermulia, Kecamatan Pelaihari, ini.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved