Serambi Mekkah

Festival Bacatuk Dauh, Cara Pemkab Banjar Melestarikan Tradisi Menjelang Ramadan

Gerimis tidak menyurutkan masyarakat di Martapura dan sekitarnya berduyun-duyun ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar

Festival Bacatuk Dauh, Cara Pemkab Banjar Melestarikan Tradisi Menjelang Ramadan
Kominfo banjar
Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar Haris Rifani sebelum membuka Festival Becatuk Dauh, terlebih dulu menerima penyerahan piala bergilir Bupati Banjar dari juara tahun 2018 Al Munir Tunggulirang, dilanjutkan dengan pemukulan Bedug menandai dibukanya Festival Becatuk Dauh 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Gerimis tidak menyurutkan masyarakat di Martapura dan sekitarnya berduyun-duyun ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Minggu (28/4).
Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Banjar kembali menggelar Festival Becatuk Dauh tahun 2019, yang dilaksanakan selama dua hari.

Babak penyisihan digelar Minggu (28/3) dan Senin (29/4), sedangkan untuk Grand Final pada malam Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Alun-alu Ratu Zalecha Martapura, memperebutkan piala bergilir Bupati Banjar.

Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar Haris Rifani sebelum membuka Festival Becatuk Dauh, terlebih dulu menerima penyerahan piala bergilir Bupati Banjar dari juara tahun 2018 Al Munir Tunggulirang, dilanjutkan dengan pemukulan Bedug menandai dibukanya Festival Becatuk Dauh 2019.

Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar Haris Rifani
Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar Haris Rifani (Kominfo banjar)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, kegiatan Festival Becatuk Dauh ini merupakan event tahunan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabuapten Banjar.

Festival Becatuk Dauh ini bertujuan untuk melestarikan budaya atau tradisi masyarakat Kabupaten Banjar, dalam menyambut Ramadan dan memeriahkan hari Raya Idul Fitri yang sebelumnya dikenal dengan festival bedug.

Baca: Lokasi & Waktu Resepsi Pernikahan Syahrini & Reino Barack Diungkap Hotman Paris, Live di SCTV?

Baca: Video Aksi Neymar Emosi dan Pukul Penonton Setelah PSG Gagal Juara Piala Prancis

Baca: Respons Mengejutkan Nagita Slavina Saat Ayah Rafathar, Raffi Ahmad Terbaring Lemah, Belanja?

Baca: Bukan Natasha Wilona, Verrell Bramasta Justru Rayu Anak Ashanty & Anang Hermansyah, Aurel Hermansyah

“Namun tahun ini menyesuaikan dengan budaya dan tradisi menjadi Festival bacatuk Dauh. Tradisi ini semakin lama semakin ditinggalkan, padahal bunyi dauh melihat di mesjid dan musala telah merubah penanda waktu masuknya salat dan kini sudah beralih ke sirine, dan dauh menjadi barang yang tidak terpakai lagi,” katanya.

Dia mengatakan, khawatir tradisi becatuk dauh ini kedepannya nanti menjadi barang hal yang tidak dikenal lagi di masa yang akan datang.

Oleh karena itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar selaku instansi yang bertanggung jawab dalam pelestarian kebudayaan, menyelenggarakan Festival ini.

Festival Bacatuk Dauh
Festival Bacatuk Dauh (Kominfo banjar)

Dengan harapan tradisi becatuk dauh masih dapat dilihat, diingat dan dilestarikan, minimal masih ada generasi muda penerus yang mempunyai kemampuan dalam seni becatuk dauh.

Babak penyisihan Festival Becatuk Dauh tahun 2019, yang diikuti 30 grup peserta, nantinya akan terpilih 8 grup finalis yang kembali berkompetisi di Grand Final Festival.

Dia mengucapkan selamat bertanding dan tampilkan yang terbaik kepada seluruh perta festival becatuk dauh, ikuti kegiatan dengan sportif.

Pemenang akan mendapat hadiah piala, piagam dan uang pembinaaan.

Kabid Kebudayaan Disbudpar Banjar, Yuana Karta Abidin mengatakan, kegiatan ini adalah agenda rutin menjelang ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan Disbudpar.

“Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya festival bacatuk dauh baik dari panitia maupun dewan juru, mulai dari persiapan sampai terselenggaranya kegiatan ini,” tambahnya. (*/aol)

Penulis:
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved