Berita Tanahbumbu

Lomba Perahu Ketinting 'Sedot' Wisatawan di Kegiatan Pesta Adat Mappanre Ritasi di Pantai Pagatan

Erwin mengaku sangat terhibur dengan adanya lomba balapan perahu ketinting yang pesertanya adalah para nelayan di Tanahbumbu.

Lomba Perahu Ketinting 'Sedot' Wisatawan di Kegiatan Pesta Adat Mappanre Ritasi di Pantai Pagatan
istimewa
Lomba perahu ketinting Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu, Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Tidak kurang dari 30 peserta adu ketangkasan, saat mengikuti lomba perahu ketinting di Pantai Pagatan, Kusan Hilir, Tanahbumbu. Lomba dalam rangkaian pesona budaya maritim atau pesta ada Mappanre Ritasi.

Kegiatan berpusat di pesisir Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir berlangsung 27 sampai 28 April 2019, penuh sesak oleh pengunjung yang ingin menyaksikan lomba ketangkasan tersebut.

Tidak kecuali lomba balap perahu ketinting mendapat perhatian dan sambutan gembira dari warga. Salah satunya, Erwin, warga Kotabaru yang menyaksikan langsung kegiatan rutin tahunan Pemkab Tanbu tersebut.

Erwin mengaku sangat terhibur dengan adanya lomba balapan perahu ketinting yang pesertanya adalah para nelayan di Tanahbumbu.

"Kegiatan kearifan lokal seperti ini harus dipertahankan dan ditingkatkan agar tambah meriah. Megiatan ini dapat menjadi daya tarik agar wisatawan berkunjung ke pantai Pagatan," harapnya.

Baca: KABAR DUKA! Ibu AA Gym Meninggal Dunia, Arie Untung Ucap Duka Cita untuk KH Abdullah Gymnastiar

Baca: Kadinkes Tanahbumbu Sebut Rp 2,9 Miliar untuk Pembangunan UTD di Kawasan Gunung Tinggi

Baca: Murid SD Tenggelam di Sungai Karangintan, Polsek, Relawan dan Warga Masih Lakukan Pencarian

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Tanahbumbu, Hamaludin kepada wartawan mengatakan, lomba balap perahu ketinting bagian agenda rutin tahunan dari Pemkab Tanbu dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten dan Mappanre Ri Tasi.

Selain itu untuk meningkatkan silaturahmi diantara para nelayan. Kegiatan balap perahu ini juga upaya Pemkab untuk menarik wisatawan berkunjung ke Tanahbumbu.

Maka dari itu, lomba perahu ketinting ini setiap tahun selalu ramai disaksikan pengunjung pantai Pagatan.

“Selalu ramai acara yang dimulai dari pagi sampai siang ini, tapi hari ini Minggu (28/04) sudah masuk final,” ujar Hamaluddin.

Berharap dengan adanya perlombaan tersebut, Tanahbumbu semakin dikenal dan dikunjungi warga dari luar daerah. Serta dapat menjadi daya tarik wisata asing yang akan berkunjung tiap tahunnya.

“Semoga dengan adanya lomba ini, pariwisata di Tanahbumbu semakin dikenal masyarakat luas,” tandasnya.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved