Berita Jakarta

Peraih Doktor Termuda Fakultas Teknik UI Ini Ternyata Masih 25 Tahun, Aisyah Lulus Cumlaude

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Nyayu Aisyah

Peraih Doktor Termuda Fakultas Teknik UI Ini Ternyata Masih 25 Tahun, Aisyah Lulus Cumlaude
Dok. UI
Pada usia 25 tahun, Nyayu Aisyah (tengah) dinyatakan lulus pada program Doktor di Departemen Teknik Mesin FTUI. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Nyayu Aisyah.

Pada usia 25 tahun, Nyayu dinyatakan lulus pada program Doktor di Departemen Teknik Mesin FTUI setelah menempuh sidang disertasinya yang berjudul “Analisis Dan Optimalisasi Sistem Pompa Panas Dan Pendingin Yang Ramah Lingkungan.”

7 jurnal internasional

Nyayu lulus sebagai lulusan program Doktor termuda FT UI dan tercatat sebagai Doktor ke-62 Teknik Mesin UI sekaligus doktor ke-322 FT UI. Ia berhasil pula meraih predikat cumlaude dengan IPK 3.90 dari skala 4.00.

Tidak hanya berhasil meraih gelar doktor dengan predikat terbaik, perempuan asal Palembang, Sumatera Selatan ini juga telah menulis dan mempublikasikan tujuh artikel pada beberapa jurnal internasional terindex scopus.

Baca: Sering Jadi Korban Penjahat Cantik, Kedubes China Minta Warganya Berhati-hati Kalo di Paris

Baca: Ammar Zoni Akui Kesalahannya, Irish Bella Kaget Ijab Kabul harus Diulang, Saya Kaget Dia Salah

Baca: Suami Cut Tari Bongkar Alasannya Bercerai Usai Hotman Paris Bongkar Fakta Video Mesum Ariel NOAH

Nyanyu juga telah mengikuti 5 konferensi internasional di beberapa negara. Salah satu artikelnya, “Solar Absorption Chiller System Performance Prediction based on Principal Component Analysis” telah dipublikasikan Jurnal Case Studies on Thermal Engineering yang terindeks Q1 Scopus.

Atmosfer riset

Selama menempuh pendidikan di UI, Nyayu mengaku membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan ritme belajar di UI.

“Di sini atmosfer pendidikan dan riset sangat terasa sekali,” tutur Nyayu. Nyayu diterima di Departemen Teknik Mesin FTUI dibawah bimbingan promotor Prof. Idrus Alhamid dan ko-promotor Nasruddin.

Selama empat tahun menempuh studi di UI, Nyayu harus menjalani matrikulasi tahun pertama, dan berusaha sebaik mungkin agar IPK tetap di atas 3.5, sebagai syarat agar diizinkan lanjut menempuh pendidikan Doktor.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved