SARABA KAWA

Dinas Kesehatan Tabalong Terus Berantas Malaria

Kabupaten Tabalong saat ini sudah masuk dalam zona hijau untuk kasus malaria, namun masih ada desa yang perlu untuk diperangi kasus malarianya.

Dinas Kesehatan Tabalong Terus Berantas Malaria
HO/Dinkes Tabalong
Jajaran Dinkes Tabalong bersama mitra saat peringatan Hari Bebas Malaria 25 April 2019 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kabupaten Tabalong saat ini sudah masuk dalam zona hijau untuk kasus malaria, namun masih ada desa yang perlu untuk diperangi kasus malarianya. Seperti Desa Binjai Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Kesehatan dr H Taufiqqurrahman mengatakan pemberantasan malaria tetap dilakukan meskipun sudah bukan masuk dalam rawan malaria.

Menurut Taufiq, di Tabalong sendiri, dalam kasus malaria annual parasite incidence (API) dimana API sendiri merupakan jumlah kasus fostif malaria per 1.000 penduduk dalam satu tahun, itu di bawah satu, artinya bisa dikatakan dalam seluruh penduduk Tabalong penderita di bawah 200 kasus dan itu bisa dikategorikan bahwa API di Tabalong di bawah satu, dan itu sudah bagus.

“Kalau secara berturut tiga tahun kita bisa mempertahankan maka kita akan dapat sertifikat eleminasi dari kementrian kesehatan RI.” Terangnya.

Meski baru mendapatkan di tahun 2018, Tabalong melalui Dinkes mencanangkan lagi di tahun 2020.

”Kita hanya menunggu hasil di 2019, mudahan API kita tetap di bawah satu maka di tahun 2020 kita akan mendapatkan sertifikat itu lagi.” Jelas Taufiq.

Untuk terus menekan kasus malaria , ujar Taufiq bukan hanya dari sisi medis tetapi bagaimana mengubah pola pikir dan perilaku penduduk, karena sebetulnya yang banyak menderita malaria sebenarnya masyarakat yang merambah ke dalam hutan.

“Kita tidak melarang mereka merambah hutan, artinya sebelum itu mereka dibekali dengan obat pelaksis malaria, dan membawa kelambu dan membawa alat traveler maupun pemeriksaan darah dan penyuluhan.” pungkasnya.

Tety Intarti, Subdit Malaria dari Kementrian Kesehatan RI menjelaskan dalam kunjungan ini sebagai kick off atau percepatan assesment tingkat provinsi dalam mengusulkan penilaian di tingkat provinsi, salah satunya dengan kegiatan ini, sebagai bentuk dukungan Tabalong untuk provinsi.

Dirinya, Tity sangat salut dengan Kabupaten Tabalong karena sudah menyelenggarakan kegiatan ini. “

Saya sangat salut kepada daerah terutama Tabalong yang sudah berinisiatif mengadakan kegiatan tersebut,” Tutur Tity. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved