Berita banjar

Gelar Psikoedukasi & Deteksi Dini Perkembangan Anak, Prodi Psikologi ULM Datangi TK.Paud Martapura

Prodi Psikologi ULM Gelar Psikoedukasi & Deteksi Dini Perkembangan Anak di Martapura, Ini Tujuannya

Gelar Psikoedukasi & Deteksi Dini Perkembangan Anak, Prodi Psikologi ULM Datangi TK.Paud Martapura
istimewa/Prodi Psikologi ULM
Dosen dan Mahasiswa Prodi Psikologi ULM Gelar Psikoedukasi & Deteksi Dini Perkembangan Anak di Martapura 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tim Pengabdian Masyarakat yang beranggotakan Dosen dan Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan Psikoedukasi dan Deteksi Dini Perkembangan bagi Anak, 20 hingga 23 April 2019 lalu.

Menyasar orangtua dari anak usia dini dan anak-anak usia dini, mereka menyambangi tiga sekolah yakni TK Darul Muttaqiem, PAUD Permata Bunda dan PAUD An-Najwa di Martapura, Kabupaten Banjar.

Menurut Rika Vira Zwageri, dosen Psikologi ULM, usia anak-anak merupakan usia penting bagi perkembangan manusia.

Baca: Jadwal Ramadan 2019 Muhammadiyah Telah Ditetapkan, Kapan Jadwal Puasa Nahdlatul Ulama?

Baca: Begini Ketua Bhayangkari Polda Kalsel Tunjukan Kepedulian Untuk Anggota Meninggal Kawal Kotak Suara

Baca: Tak Diganti Rugi, Warga Pipitan jaya Piani Ngotot Tutup Akses Jalan Pembangunan Bendungan Tapin

Hal ini karena pada usia tersebut adalah usia dimana setiap aspek perkembangan anak baik itu dari aspek fisik, motoric, social dan emosi mengalami perkembangan yang pesat.

"Optimalisasi tumbuh kembang anak perlu dilakukan agar anak dapat tumbuh dan berkembang baik sesuai dengan tahapan usianya" ujarnya kepada Bpost Online Senin (29/4/2019).

Ditambahkannya, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk membantu agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan melakukan deteksi dini perkembangan pada anak usaha untuk mengurangi tingkat gangguan perkembangan anak," ujar Ira, sapaan akrabnya.

Diterangkannya, pemantauan tumbuh kembang anak melalui deteksi dini tumbuh kembang merupakan suatu usaha untuk mengetahui sejak dini keterlambatan tumbuh kembang pada anak.

"Deteksi dini sangat diperlukan untuk menemukan secara dini penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan sehingga dapat dilakukan intervensi dan stimulasi sedini mungkin," kata dia

Saat ini program deteksi tumbuh kembang pada anak masih berfokus pada anak yang dicurigai mengalami keterlambatan tumbuh kembang saja dan belum menjangkau pada seluruh anak.

Kegiatan Psikoedukasi dan Deteksi Dini Perkembangan bagi Anak ini sendiri merupakan
bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bagi masyarakat di pinggiran sungai khususnya di Kecamatan Martapura Timur.

"Hasil dari kegiatan ini diharapkan orangtua pada khususnya dapat memahami mengenai pentingnya tumbuh kembang anak dan mengetahui cara mengoptimalisasi tumbuh kembang anak," kata Ira.

Baca: Tekan Kebakaran Lahan, Paman Birin Minta Guntung Damar di Alihkan Jadi Lahan Produktif Perkebunan

Baca: Kelakuan Syahrini di Kamar Bikin Reino Barack Takjub, Incess Dapat Pujian Tinggi dari Suami

Selain itu, kata Ira, PKM ini dapat menghasilkan data mengenai pencapaian tumbuh kembang anak dan mendeteksi gangguan perkembangan yang dialami oleh anak.

"Dengan demikian maka diharapkan angka penemuan penyimpangan tumbuh kembang pada anak dapat diketahui sehingga dapat dilakukan tindakan asesmen dan intervensi lanjutan," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/rahmadhani)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved