Berita Banjabaru

Jelang Ramadhan 2019, Tim Gabungan Satpol PP Kalsel Tertipkan PKL hingga Warung Jablai

Menjelang Ramadhan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan operasi gabungan untuk menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas)

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Elpianur Achmad
HO/Satpol PP Provinsi Kalsel
Tim Gabungan Satpol PP lakukan Razia PKL dan Warung Jablai di Kawasan Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Banjarmasin dan Batola, Senin (29/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Menjelang Ramadhan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan operasi gabungan untuk menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas), Senin (29/4/2019).

Warung remang-remang alias warung jablai yang berpotensi maksiat disambangi didata dan diberikan peringatan. Selain target warung remang remang juga Pedagang Kaki Lima di sepanjang jalan A Yani juga menjadi incarannya.

Dalam giat Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalsel, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang tergabung dalam puluhan jumlahnya itu pertama melakukan penertiban di kawasan Pemurus dan Jalan A Yani Km 7 sampai Km 8. Di kawasan Pemurus petugas gabungan membongkar lapak pedagang.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kalsel, Zaqly Asswan Helmi, menjelaskan untuk bangunan liar milik pedagang terpaksa dilakukan pembongkaran dan pengangkutan, sebab tak mengindahkan surat peringatan (SP) 1, SP 2, dan SP 3 dari Satpol PP Kabupaten Banjar. "Pedagang yang kami tindak seharusnya membuka lapak di Pasar Ahad," katanya.

Baca: Fisik Hasanah Membaik,  Penderita Kanker Payudara Asal Banjar ini Dirujuk  ke RS di Banjarmasin

Baca: Hasil Penghitungan Suara C1 Selesai, Bupati Tanahlaut Minta Tak Ada yang Bahas Perbedaan di Medsos

Baca: Klarifikasi Syahrini Berobat ke LN Naik Private Jet Setelah Tertimpa Lemari Parfum Reino Barack

Sasaran selanjutnya, petugas gabungan melakukan penyisiran di sepanjang Jalan Pramuka Banjarmasin Utara. Di kawasan ini, bagi pedagang yang membuka lapak sampai badan jalan dilakukan teguran untuk dipindahkan.

Rute berikutnya yang didatangi petugas gabungan adalah Jalan Trans Kalimantan Handil Bakti. Sebagaimana diketahui, di sisi kiri jalan arah Banjarmasin menuju Marabahan, banyak PKL yang berjualan.

Tim Satpool PP Provinsi Kalsel melakukan razia warung jablai dan PKL di Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Banjarmasin dan Batola, Senin (29/4/2019).
Tim Satpool PP Provinsi Kalsel melakukan razia warung jablai dan PKL di Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Banjarmasin dan Batola, Senin (29/4/2019). (HO/Satpol PP Provinsi Kalsel)

PKL di kawasan ini diberikan teguran untuk memindahkan lapak jualan. "Di sana kami memberikan pembinaan agar tidak berdagang di pinggir jalan yang mana sudah ada pengumuman larangan. Sifatnya kami beri teguran," beber Zaqly.

Selesai di kawasan Handil Bakti, petugas gabungan menyisir Jalan Gubernur Syarkawi. Di kawasan Sungai Tabuk, petugas mendapati warung yang kerab disebut warung jablai. Termasuk sampai di Lianganggang. "Kami berikan pemahaman agar jangan aneh-aneh apalagi sampai tak senonoh. Apalagi bentar lagi bulan ramadhan," kata Zakly.

Baca: 100 Pengurus Masjid Ikuti Bimtek, Murjani : UPZ Masjid Diminta Laporkan Zakat Fitrah ke Baznas

Baca: 5 Paskibra  HSS ke Provinsi dan 1 ke Nasional , Begini Reaksi Bupati H Achmad Fikry Saat Audensi

Baca: Kepolisian Gelar Deklarasi Damai Pascapemilu, KPU Rakor Persiapan Penetapan Suara Pemilu 2019

Paling terakhir, petugas gabungan menyasar eks Lokalisasi Pembatuan. Di sana petugas mendapat beberapa wanita yang berdagang makanan dan minuman. "Mereka yang kami dapati di Pembatuan juga kami bina, kami arahkan agar tidak melakoni bisnis jual diri dan sebagianya," kata Mantan Kadispora Kalsel itu.

Masih Zakly, kegiatan serupa akan terus dilaksnakan guna menjaga kamtibmas, terlebih menjelang Bulan Suci Ramadan.

"Model tim gabungan ini akan terus kami laksanakan agar koordinasi dan sinergitas antar satuan semakin terjaga. Dengan bergabung seperti ini maka lebih memudahkan dalam menjalankan tugas," sebut Zakly Aswan. (banjarmasinpost.co.id /Lis)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved