Public Services

SIM A Habis Masa Aktif Sejak 2017, Apa Saja Persyaratan Agar Dapat Aktif Lagi?

Apa saja persyaratan untuk dapat aktif atau hidup lagi agar bisa berguna dan apakah ada tes tulis dan tes lainnya?

SIM A Habis Masa Aktif Sejak 2017, Apa Saja Persyaratan Agar Dapat Aktif Lagi?
tribunkalteng.co/jumadi
Beberapa pemohon SIM tampak menjalani tes tertulis di ruang tertutup. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Yth. Bapak aparat kepolisian. Mau tanya tentang SIM A saya telah habis masa aktifnya atau mati sejak 2017. Apa saja persyaratan untuk dapat aktif atau hidup lagi agar bisa berguna dan apakah ada tes tulis dan tes lainnya? 085248891961

TANGGAPAN:
KEPADA Yth: Pembaca BPost. Kami ucapkan terima kasih atas pertanyaan yang saudara berikan kepada kami. Berikut ini, kami sampaikan cara dan Tempat Pembuatan SIM A saudara, yang telah masa berlakunya habis.

Sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 pasal 28 ayat 2 adalah perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir Pasal 28 ayat 3, perpanjangan yang dilakukan *setelah lewat waktu* sebagaimana dimaksud pada ayat 2 harus diajukan SIM baru sesuai dengan yang dimiliki dengan memenuhi persyaratan sesuai dengan pasal 27.

Adapun tempat pembuatan SIM baru bisa dilakukan di Satpas/Polres/ta dimana saja saudara bertempat tinggal, kecuali di SIM CORNER karena SIM corner/keliling hanya melayani SIM A dan C Perpanjangan.

Untuk pembuatan baru cukup hanya membawa e-KTP yang sudah difotokopi, Surat Keterangan berbadan sehat dan Tidak Buta Warna dari dokter Puskesmas/Rumah Sakit. Untuk di Banjarmasin bisa ke SATPAS KM 21.

Setelah persyaratan tersebut di atas dipenuhi, selanjutnya saudara mendaftarkan diri untuk dilakukan verifikasi data dengan melaksanakan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

Selanjutnya masuk ke ruang Pencerahan dan dilanjutkan dengan Ujian secara teori sesuai pasal 57 dan Praktek sesuai dengan pasal 59.

Setelah dinyatakan semua lulus, saudara ke Loket Bank BRI yang ada di Satpas tersebut untuk melakukan pembayaran PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) sesuai PP No. 60 Tahun 2016 pengganti PP No. 50 Tahun 2010 sebesar Rp 120.000. Demikian, terima kasih.

KOMPOL WIBOWO SIK
Kasatlantas Polresta Banjarmasin

PJU Sungai Paring Tak Menyala Lagi
MARTAPURA - Assalamualaikum wr.wb. Kepada pihak terkait yang berkenaan dengan penerangan jalan umum (PJU) Kabupaten Banjar. Mohon penjelasannya, kenapa lampu jalan A Yani dari batas kota sampai Sungai Paring tidak menyala lagi?

Mudah-mudahan bisa cepat menyala lagi, karena sangat berguna bagi pengguna jalan dan penyeberang jalan, terima kasih.082154414446

TANGGAPAN:
WAALAIKUMSALAM wr wb. Penerangan Jalan Umum (PJU) Jalan A Yani dari batas kota sampai Sungai Paring dan sampai Jembatan Antasan Senor merupakan jaringan PJU yang dipasang tahun 2006, karena jaringannya sudah lama sehingga sering terjadi gangguan, seperti kalau hujan terjadi induksi.

Perlu dilakukan penggantian, disamping jaringannya terjadi induksi kalau hujan, tiangnya juga sudah keropos dan lampunya juga masih menggunakan lampu Son T dan perlu diganti dengan lampu LED. Khusus untuk kasus lampu PJU yang mati dari batas kota sampai Sungai Paring akibat listrik mati, sehingga settingan timer berubah yang seharusnya lampu menyala jam 18.00 WITA s/d jam 06.00 WITA menjadi tidak menyala. Saat ini sudah dilakukan perbaikan.

Terima kasih atas informasi dan perhatiannya agar kami dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat mengingat pentingnya PJU untuk keselamatan berlalu lintas pada malam hari, mencegah terjadinya kejahatan dan terciptanya keamanan dan ketertiban pada malam hari.

IR MURSAL MT
Kadis Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar.

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved