Penderita TB di Kalsel

Waspada Bila Mengalami Gejala Seperti ini, Tak Hanya Paru, TB Bisa Menyerang Organ Tubuh yang Lain

Anggota Departemen Penyakit Dalam RSUD Ulin Banjarmasin, dr Meldy Muzada Elfa, Sp PD, menjelaskan bahwa TB merupakan penyakit menular yang disebabkan

Waspada Bila Mengalami Gejala Seperti ini, Tak Hanya Paru, TB Bisa Menyerang Organ Tubuh yang Lain
BPost Cetak
BPost edisi cetak Senin (29/4/2019) 

BANJARMASINOST.CO.ID, BANJARMASIN - Anggota Departemen Penyakit Dalam RSUD Ulin Banjarmasin, dr Meldy Muzada Elfa, Sp PD, menjelaskan bahwa TB merupakan penyakit menular yang disebabkan mikrobakterium tuberculosis.

“Lebih umum penyakit TB yang didapati adalah TB Paru, yang menyerang paru-paru. Namun dalam dunia medis dikenal juga TB Ekstraparu yang menyerang berbagai organ lain di tubuh. Otak, selaput otak, hati, usus dan yang lainnya pun bisa terserang TB, artinya walaupun ditularkan oleh penderita TB Paru, namun TB bisa menyerang ke organ lainnya,” ujarnya.

Karena itu, kata Meldy, tak hanya gejala batuk-batuk panjang, demam berkepanjangan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan dan berkeringat pada malam hari, bahkan diare, juga bisa juga menjadi gejala TB paru atau TB Ekstraparu.

Baca: Penderita TB Terbanyak Ada di Banjarmasin, Jangan Khawatir, Pengobatan Gratis Ditanggung Pemerintah

Baca: 7 Restoran Terbaik di Dunia Ternyata Terbuat dari Pesawat Bekas, Fairchild C-123 Hingga Boeing 737

Baca: Nazar Istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela Lolos ke DPR RI, Eks Duet Maia Estianty Banjir Ucapan Selamat

Baca: Kerap Bergaya Anak Muda, Lihat Potret Ayah Irish Bella, Johan De Beule, Lihat Gaya Mertua Ammar Zoni

Baca: Reino Barack Ungkap Tanggal Putus Dengan Luna Maya, Tepis Status Makan Teman Untuk Syahrini

“Penderita TB bisa saja berujung fatal jika tidak diobati dengan baik dan disiplin. Dimana penderita TB bisa mengalami kondisi sepsis atau komplikasi infeksi berbagai organ tubuh yang disebabkan pelemahan daya tahan tubuh diawali penyakit TB,” ujarnya.

Meldy berpesan kepada masyarakat, khususnya penderita TB, agar mematuhi semua anjuran dan larangan dokter, termasuk di antaranya mengenakan masker kemanapun.

“Ikuti pengobatan dengan disiplin, tidak merokok yang bisa memperburuk kondisi tubuh dan menjaga kondisi daya tahan tubuh,” ujarnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved