Berita HST

180 Karang Taruna se- Kabupaten HST Akan Diaktifkan Kembali, Sudah Enam Tahun Mati Suri

Enam tahun sempat mati suri, rencanaya pada 2019 ini, sebanyak 180 karang taruna di Kabupaten Hulu Sungai Tengah akan dibangkitkan kembali.

180 Karang Taruna se- Kabupaten HST Akan Diaktifkan Kembali, Sudah Enam Tahun Mati Suri
Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin
Paman Birin saat tampil dalam rangka membuka Kemah Karya Bakti Wisata Karang Taruna se Kalsel ke 29 yang berlangsung 16-19 September. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Setelah enam tahun sempat mati suri, rencanaya pada 2019 ini, sebanyak 180 karang taruna di Kabupaten Hulu Sungai Tengah akan dibangkitkan kembali.

Kepala Bidang Sosial, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluar Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wahyuni, mengatakan bahwa keberadaan karang taruna sangat penting untuk membina para pemuda di desa, kecamatan maupun kabupaten dalam kegiatan yang bernilai positif.

Selain itu karang taruna juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan minat dan kreativitas anggotanya.

Sementara itu Kepala Seksi Linjamsos Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluar Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Mahfud, menjelaskan bahwa program pemerintah untuk membangkitkan lagi karang taruna sangat banyak.

Syararnya, setiap karang taruna wajib melaporkan secara berkala kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di karang.

Baca: Siti Salmah Kaget 12 Karung Gabahnya di Batu Benawa HST Diangkut Orang Tidak Dikenal Pakai Pikap

Baca: Duta Wisata HST Monalisa Kembali Kaji Ulang Pentingnya Kesadaran Wisata Lewat Bimtek

Namun, apabila karang taruna tersebut tidak melaporkan kegiatan-kegiatannya secara berkala. Berarti dapat dianggap karang taruna itu tidak produktif bahkan bisa dianggap mati suri.

"Di HST ada 180 Karang Taruna, 100 karang taruna yang berkembang serta 70 karang taruna yang sudah maju. Namun semuanya sudah kurang lebih 6 tahun ini mati suri," ujarnya

Ketua Pengurus Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten HST, Supiani, menjelaskan dalam waktu dekat ini pihaknya beserta jajaran pengurus akan coba kembali mendata seluruh karang taruna se HST.

Selanjutnya akan dilakukan pertemuan rutin untuk membicarakan langkah dan program.

"Intinya kami ingin karang taruna di HST kembali bangkit dan hidup," bebernya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved