Berita HSS

Hadapi Kemarau, Relawan Gabungan di HSS Latihan Bersama Tanggulangi Bencana

Sejumlah relawan dari gabungan berbagai organisasi sosial, melaksanakan latihan bersama melalui simulasi penanggulangan bencana kebakaran hutan.

Hadapi Kemarau, Relawan Gabungan di HSS Latihan Bersama Tanggulangi Bencana
HO/Dinas Kominfo HSS
Simulasi penanggulangan bencana dan Karhutla, oleh gabungan relawan HSS, Selasa (30/4/2019) di lapangan lambung Mangkurat Kandangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui BPBD,Kesbangpol Kab HSS melaksanakan apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 dan Apel Siaga Bencana Karhutla di Hulu Sungai Selatan, Selasa (30/4/2019) di Lapangan Lambung Mangkurat.

Apel bertema " Perempuan Menjadi Guru Siaga Bencana, Rumah Menjadi Sekolahnya" dan Apel Siaga Becana Karhutla juga mengusung Tema "Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Kita, Keluarga dan Komunitas".

Inspektur Upacara pada apel tersebut, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, dengan penanggung jawab Kepala BPPD, Kesbangpol HSS Efran. ‎

Kegiatan tersebut, juga dihadiri Ketua DPRD Kab HSS H Akhmad Fahmi, unsur Forkopinda HSS pejabat di lingkungan Pemkab HSS, TNI/Polri, Satpol PP, Guru, Para Kepala Desa, BUMN/BUMD, Pelajar dan undangan lainnya.

Baca: Ditresnarkoba Polda Kalsel Ungkap Jaringan Sindikat Narkoba Lapas Teluk Dalam, Sabu Asal Malaysia

Setelah apel, sejumlah relawan dari gabungan berbagai organisasi sosial, melaksanakan latihan bersama melalui simulasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta simulasi evakuasi bencana angin puting beliung. Sebelumnya juga digelar penekanan tombol sirine yang merupakan simbol kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana oleh Wakil Bupati HSS, serta unsur Forkopinda secara bergantian.

Juga dilakukan pemasangan rompi kepada perwakilan satgas perempuan, yaitu Srikandi Aluh Idut, pemberian penghargaan untuk penggiat kebencanaan, yag teridi relawan BPBD HSS, PMI, TRD, Dan Tagana.

Juga penyerahan bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi kepada para korban bencana, dengan jumlah bantuan berdasarkantingkat kerusakan dan kerugian yang dialami korban.

Simulasi penanggulangan bencana dan Karhutla, oleh gabungan relawan HSS, Selasa (30/04/2019)
Simulasi penanggulangan bencana dan Karhutla, oleh gabungan relawan HSS, Selasa (30/04/2019) (HO/Dinas Kominfo HSS)

Wabup HSS Syamsuri Arsyad menyampaikan penghargaan atas komitmen dan upaya bersama membangun budaya sadar bencana kepada para relawan,baik komunitas, LSM, lembaga pemerintahan, TNI/Polri, Media.

Baca: Prabowo Unggul di Tapin Utara, Hindari Kesalahan KPU Tapin Dua Hari Tetapkan Hasil Pemilu 2019

Lembaga usaha di berbagai bidanhg, tokoh agama, tokh adat, tokoh masyarakat dan para guru sserta para ibu-ibu dan perempaun yang dengan dedikasi melibatkan diri secara aktif mendidik kesiapsiagaan dalam keluarga dan komunitas.

Simulasi siaga bencana, kata Wabup melibatkan seluruh petugas penanganan bencana. Mulai petugas lapamgan para perawat di rumah sakit serta dokter. Usai simulasi di Lapangan Lambung Mangkurat, dilanjutkan peninjau lokasi simulasi evakuasi bencana untuk anak Sekolah di SDN Jambu Hilir. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved