Berita HSS

IGD Terpadu RS H Hasan Basri Bak Apartemen, Dilengkapi 59 Bed, Ruang Observasi dan Ruang Lab‎

Manajemen BLUD Rs H Hasan Basri (RSHB) Kandangan , Selasa (30/4/2019) sore tadi meresmikan gedung baru, Instalasi Gawat Darurat (IGD) Terpadu.

IGD Terpadu RS H Hasan Basri Bak Apartemen, Dilengkapi 59 Bed, Ruang Observasi dan Ruang Lab‎
Banjarmasinpost.co.id/hanani
Gedung IGD Terpadu Rs H Hasan Basri Kandangan, Kabupaten HSS, Selasa (30/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Manajemen BLUD Rs H Hasan Basri (RSHB) Kandangan , Selasa (30/4/2019) sore tadi meresmikan gedung baru, Instalasi Gawat Darurat (IGD) Terpadu.

Bangunan yang terletak di bagian kiri bangunan utama bercat merah berlantai dua tersebut bak apartemen. Begitu memasuki ruangan di lantai dasar, hawa sejuk pendingin udara langsung terasa.

Di depan pintu masuk juga disambut petugas bagian administrasi tempat pendaftaran pasien. Sedangkan di bagian kiri ruangan, merupakan petugas medis yang siap melayani pasien.

Menurut keterangan Direktur RSHB Kandangan, di lantai dasar tersebut ada 27 bed untuk pasien, dan di lantai II nya ada 32 bed. Masing-masing bed dibagi tiga zona.

"Zona hijau untuk pasien yang tidak gawat dan tidak darurat, sehingga tidak prioritas segera ditangani, zona kuning untuk pasien gawat, tapi tidak darurat, sedangkan zona merah untuk pasien gawat darurat yang memerlukan penanganan prioritas dan segera berdasarkan indikasi medis.

Baca: Pemprov Kalsel Optimistis Peningkatan Wisatawan Seiring Beroperasinya Bandara Internasional

Selain IGD untuk pasien biasa, IGD Terpadu juga ada IGD khusus bagi pasien penderita gangguan jiwa, ruang Observasi pasien, Ruang Radiologi dan Laboratorium, serta ruang perawatan sehari bagi pasien yang tak memerlukan rawat inap.

Dengan fasilitas yang lebih nyaman, dharapkan pasien dan keluarga juga lebih mendapat pelayanan yang lebih baik dari sisi fasilitas maupun pelayanan. Rasyidah menyebutkan, pembangunan IGD Terpadu tersebut menghabiskan dana Rp 24 miliar, melalui Dana Alokasi Khusus.

Bupati HSS meninjau sejumlah ruang IGD Terpadu RSHD Kandangan, Selasa (30/4/2019).
Bupati HSS meninjau sejumlah ruang IGD Terpadu RSHD Kandangan, Selasa (30/4/2019). (Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Sedangkan rencana pembangunan Gedung perawatan untuk penyakit Jantung, Paru dan Syaraf yang terdiri tiga lantai, dianggarkan Rp 29 miliar, juga menggunakan dana DAK. "Tiga ruang perawatan khusus tersebut dibangun, karena selama ini pasienya selalu full.

Peresmian IGD Terpadu tersebut dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry, Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi, Wabup, Kejari, Dandim 1003 Kandangan, serta para kepala SOPD, dan jajaran RSHD.

Pada kesempatan tersebut, diluncurkan Logo terbaru, IGD rumah sakit, yang menurut Rasyidah segera menuju rumah sakit pendidikan dan telah menjadi rumah sakit rujujan se Banua Anam.

Baca: Stand Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin Sudah Berdiri, Jangan Lewatkan Spot Foto Instagramablenya

Bupati HSS, H Achmad Fikry menyatakan, terealisasinya IGD Terpadu, merupakan langkah konkrit, akredetasi paripurna. Seperti halnya Rs Ansari Saleh. Fasilitas pendukung, kata kunci sesungguhnya kata Fikry adalah SDM. Sebab, selengkapapapun sarana prasaran jika SDM nya tak siap kd siap, tak ada artinya.

Bupati HSS H Achmad Fikry meninjau sejumlah ruang IGD Terpadu RSHD Kandangan, Selasa (30/4/2019).
Bupati HSS H Achmad Fikry meninjau sejumlah ruang IGD Terpadu RSHD Kandangan, Selasa (30/4/2019). (Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

"Pemkab terus mengawal. Jika gedumg lantai selasai, kita bongkar bangunan lama untuk membangun baru,"kata Fikry. ‎ Dia pun berharap, jajaran RSHD mendukung komitmen pemerintah kabupaten, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dari manapun dan kalangan apapun.  Apalagi, berlaku BPJS Semesta, dimana semua warga HSS bisa berobat gratis sesuai persyaratan yang ada. "Layani semua pasien dari manapun dengan tulus, sesuai konsep syariah,"imbau Bupati.

Usai peresmian IGD Terpadu, Bupati HSS dan Fokopinda HSS meletakkan batu pertama pembangunan gedung berlantai tiga untuk ruang perawatan pasien paru, jantung dan saraf. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved