Berita Banjarmasin

Komisi B DPRD Kalteng : Sudah Ada Investor Siap Danai Pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalteng

sudah ada pihak ketiga yaitu Pengusaha luar negeri siap menjadi investor pencanangan dan pembangunan Kalteng sebagai Pusat Pemerintahan dan ibu kota.

Komisi B DPRD Kalteng : Sudah Ada Investor Siap Danai Pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalteng
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
HM Aseran, Ketua Komisi B DPRD Provinsi Kalteng 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terkait kembali munculnya isu pemindahan Pusat Pemerintahan dan Ibu Kota RI ke Kalimantan Tengah (Kalteng), Ketua Komisi B DPRD Provinsi Kalteng, H M Aseran nyatakan hal ini bisa saja diwujudkan.

Pasalnya menurut H M Aseran, sudah ada pihak ketiga yaitu Pengusaha luar negeri yang siap menjadi investor pencanangan dan pembangunan Provinsi Kalteng sebagai Pusat Pemerintahan dan Ibu Kota.

Ia menjelaskan, tak tanggung-tanggung, Investor yang disebutnya bernama Mr Tang siap bantu mendanai jadikan Provinsi Kalteng sebagai Ibu Kota dengan alokasi dana puluhan ribu triliun Rupiah.

Berbentuk hutang jangka panjang hingga 30 tahun, investor tersebut menurut H M Aseran juga akan membantu memaksimalkan potensi ekonomi di Provinsi Kalteng dan Indonesia secara umum dengan berbagai strategi khususnya di bidang industri.

Baca: 3 Kandidat Lokasi Ibukota Negara Indonesia Diungkap Presiden Jokowi, Sumatera, Sulawesi & Kalimantan

"Bisa dicanangkan nanti pembangunan industri tanaman Carinata. Ini tanaman seperti gandum yang di panen setiap tiga bulan, masuk ke pabrik dan keluar menjadi produk BBM," kata H M Aseran saat laksanakan kunjungan kerja ke Kantor DPRD Provinsi Kalsel, Selasa (30/4/2019).

Melalui industri ini menurutnya bisa memberdayakan hutan tidur di Provinsi Kalteng sebagai penggerak ekonomi yang jauh lebih potensial dibanding hanya membabat hutan demi kebun kelapa sawit yang dinilainya masih jauh dari sepadan menyokong perekonomian daerah dan masyarakat.

Hal ini menurutnya juga sudah dikomunikasikan kepada Pemerintah Pusat melalui Anggota DPR RI maupun Menteri terkait.

"Jadi ini bukan lagi peluang pendanaan, tapi sudah pasti bisa didanai jika memang mau dilakukan," kata H M Aseran.

Baca: Freddy Sebut Lahan 500 Ribu Hektar di Kalteng Sudah Disiapkan, Strategis Untuk Ibu Kota RI

Ia mengaku walaupun berkonsep hutang, namun hal inilah yang diperlukan demi memajukan perekonomian suatu negara jika dikelola dengan baik.

"Tidak ada negara manapun yang hidup tanpa hutang, Amerika pakai hutang, Eropa juga hutang ini untuk kemajuan," terangnya. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved