Berita Banjarmasin

KPU Kalsel: Hingga Saat ini Tak Ada Gugatan Hasil Rekapitulasi Suara

Kurang lebih dua minggu setelah proses pemungutan suara Pemilu 2019, KPU sudah memulai rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten/Kota di sebagian

KPU Kalsel: Hingga Saat ini Tak Ada Gugatan Hasil Rekapitulasi Suara
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Sarmuji, Ketua KPU Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kurang lebih dua minggu setelah proses pemungutan suara Pemilu 2019, KPU sudah memulai rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten/Kota di sebagian daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hingga memasuki proses ini, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji nyatakan secara umum proses rekapitulasi berjalan lancar dan tak ada gugatan atas keputusan rekapitulasi.

Sarmuji juga menegaskan, pihaknya sebagai penyelenggara juga konsisten menjaga integritas di seluruh rangkaian proses pungut hitung Pemilu 2019.

"Proses dilakukan secara profesional dan terbuka, selama ini tidak ada kami mendapati laporan ada indikasi kecurangan apalagi pergeseran suara. Silahkan kalau memang ada dilaporkan ke Bawaslu," kata Sarmuji.

Proses rekapitulasi ditegaskan Sarmuji selalu diawasi oleh saksi dan Pengawas Pemilu mulai dari tingkat TPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga tingkat Nasional nantinya.

Baca: Akibat Suka Nyinyir, Bayi Nikita Mirzani Jadi Begini? Wajah Anak Dipo Latief Masih Disembunyikan

Baca: Bersaksi di Pengadilan, Menpora Imam Nahrawi Bantah Terima Uag Korupsi, Berikut 7 Fakta Persidangan

Baca: Perbandingan Dewi Perssik dan Rosa Meldianti Menurut Angga Wijaya, Balas Komentar Menyindir

Baca: Perlakuan Tak Biasa Reino Barack ke Syahrini Saat di Mall, Sementara Luna Maya Peluk Bunga Mawar

Sehingga jika ada kejanggalan dalam proses ini menurutnya pasti akan menimbulkan gugatan keputusan yang bisa saja berujung pada perhitungan suara ulang bahkan pemungutan suara ulang.

Terkait perkembangan rekapitulasi, saat ini menurutnya setidaknya sudah ada satu Kabupaten yang memulai rekapitulasi dan tujuh lainnya siap memulai rekapitulasi.

"Sejak kemarin 29 April HSS sudah mulai. Lainnya yang sudah siap ada Tabalong, Tapin, HSU, HST, Balangan, Tanbu dan Kabupaten Tala," kata Sarmuji.

Sedangkan di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin menurutnya masih ada rekapitulasi di tingkat Kecamatan oleh Petugas PPK yang masih berlangsung.

Hal ini menurut Sarmuji tidak menjadi masalah, karena sebenarnya KPU di tingkat Kabupaten Kota menetapkan batas rekapitulasi tingkat Kecamatan hingga Rabu (1/5/2019).

Sarmuji nyatakan nantinya hasil Pemilu untuk Pemilihan Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Kalsel bisa diketahui pada Minggu (12/5/2019).

Sebab, pada Minggu (12/5/2019) dijadwalkan sebagai hari terakhir rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi di Kalsel.

"Nanti bisa dilihat hasilnya di Provinsi untuk DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Untuk hasil Pilpres nanti di KPU RI," kata Sarmuji.  (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved