Berita Kabupaten Banjar

Ditatar Kelola Situs, Begini Respons Prakom 20 Kecamatan di Kabupaten Banjar

Seluruh ranata komputer atau prakom yang tersebar pada 20 kecamatan di Kabupaten Banjar telah diempa kemampuan teknis mengola website atau situs.

Ditatar Kelola Situs, Begini Respons Prakom 20 Kecamatan di Kabupaten Banjar
Banjarmasinpost.co.id/idda royani
Prakom kecamatan se-Kabupaten Banjar serius belajar mengelola situs kecamatan pada kegiatan biimtek, dua hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Seluruh ranata komputer atau prakom yang tersebar pada 20 kecamatan di Kabupaten Banjar telah diempa kemampuan teknis mengola website atau situs.

Setidaknya selama sekitar lima jam mereka digembleng oleh tenaga teknis IT Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Rahmat Kasogi.

Bimbingan teknis pendayagunaan website tersebut digelar Dinas KISP Kabupaten Banjar, dua hari lalu, di ruang pertemuan di lantai empat hotel berbintang di Kota Banjarbaru.

Bimtek tersebut membuka dan memperluas wawasan kalangan prakom di Bumi Barakat. Apalagi bagi mereka yang sebelumnya belum pernah mengelola situs.

Baca: Terungkap, Mama Lita Ternyata Pernah Buka Kafe dan Warung Soto Banjar di Tempat Ini

Baca: Akan Diberhentikan, PNS Kabupaten Banjar Mengajukan Kasasi, Segini Besaran Gaji yang Diterima

"Sangat bermanfaat. Ini pengalaman pertama bagi saya belajar membikin dan mengelola situs secara baik," ucap Kboiru Fiza, prakom Kecamatan Simpangempat, Rabu (01/05/2019).

Sarjana komunikasi ini mengaku memiliki kemampuan dasar mengelola situs. Hanya saja selama ini dirinya belum terbiasa mengelola situs, apalagi sinyal di wilayah Kecamatan Simpangempat masih naik turun atau belum stabil.

"Setelah bimtek saya akan memulai mencoba membikin dan mengelola situs kecamatan. Saya optimistis mampu menanganinya," tandas Riza.

Senada diutarakan prakom Kecamatan Martapura Timur, Ahmad Mustafa. Prakom yang satu ini telah terbiasa mengelola situs kecamatan tempatnya bekerja.

"Alhamdulillah sudah jalan menangani situs kecamatan. Konten-kontennya juga saya yang mengisi, seperti kegiatan-kegiatan kecamatan," sebutnya.

Namun setelah bimtek, dirinya harus membikin ulang situs. "Soalnya fitur-fiturnya telah dibikinkan oleh Dinas KISP Banjar, sudah ada bentuk bakunya. Tapi, tak masalah," akunya.

Kepala Dinas KISP Banjar HM Farid Soufian mengatakan fitur situs memang telah ada standardisasinya. "Namun untuk tampilan atau kustomisasinya silakan jika ingin diubah," terangnya.

Ia meminta situs kecamatan harus dikelola secara berkelanjutan. Tiap hari harus selalu di-update. Banyak konten informatif yang bisa disajikan seperti kegiatan-kegiatan di kecamatan masing-masing.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved