Kriminalitas Banjarbaru

Jaringan Sabu dan Ineks di Banjarbaru Terbongkar, Tiga Pengedar dan Satu Pemodal Diciduk

Semula, petugas menciduk Ahmad Hariz Pathony (22), warga Jalan Pembangunan RT 004 RW 002 Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang.

Jaringan Sabu dan Ineks di Banjarbaru Terbongkar, Tiga Pengedar dan Satu Pemodal Diciduk
Satnarkoba Polres Banjarbaru untuk Banjarmasinpost.co.id
M Fauzi, tersangka anggota jaringan pengedar sabu dan ineks di Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Satnarkoba Polres Banjarbaru mengungkap jaringan gelap peredaran narkotika di Banjarbaru sekitarnya. Sedikitnya terungkap ada tiga kurir dan satu pemodal yang diciduk secara Beruntun di beberapa lokasi yang berbeda.

Semula, petugas menciduk Ahmad Hariz Pathony (22), warga Jalan Pembangunan RT 004 RW 002 Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang.

Petugas membengkak tersangka pertama ini diamankan pada 24 April lalu. Dari pemeriksaan tersangka, petugas mengamankan satu paket sabu sabu dengan berat 0.29 gram.

Dia diamankan berkat laporan warga, saat akan ada transaksi narkotika jenis sabu-sabu di Jalan Kasturi II Kelurahan Syamsudin Noor dan ditemukan satu paket sabu.

Fauzi, tersangka pemodal alias bos jaringan pengedar sabu dan ineks di Banjarbaru yang diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Banjarbaru
Fauzi, tersangka pemodal alias bos jaringan pengedar sabu dan ineks di Banjarbaru yang diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Banjarbaru (Satnarkoba Polres Banjarbaru untuk Banjarmasinpost.co.id)

Tak mau sendiri mendekam di balik jerugi, tersangka Hariz pun diinterogasi. Dia pun "bernyanyi" bahwa ada kolega lainnya.

Baca: NEWSVIDEO : Polda Kalsel Ungkap Jaringan Sindikat Narkoba Lapas Teluk Dalam dan Sabu Asal Malaysia

Dari nyanyian Hariz, Satresnarkoba Polres Banjarbaru melakukan pengembangan lagi. Dihari yang sama, kembali didapati jaringan lainnya yakni Muhammad Fauzi (25), warga Jl. Sutoyo.S Gang Mulia RT 036 RW 003 Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Tersangka diamankan disebuah rumah yang beralamat di Komplek Tiara Permai RT 04 RW 02 Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar.

Dari pengembangan, Uzi ditangkap di sebuah rumah. Petugas juga didapat satu lembar plastik klip yang didalamnya terdapat sabu-sabu dengan berat 79.24 gram yang bungkusnya bertuliskan 100,107.

M Syaiful Afif, anggota jaringan pengedar sabu dan ineks yang diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Banjarbaru
M Syaiful Afif, anggota jaringan pengedar sabu dan ineks yang diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Banjarbaru (Satnarkoba Polres Banjarbaru untuk Banjarmasinpost.co.id)

Tidak sampai disitu, kasus tersebut masih dikembangkan lagi hingga buntutnya mengarah kepada Moh Syaiful Arif (35) dan Fauzi (42).

Arif diamankan pada 25 April di Jalan Veteran GG. Dwikora R Sungai Bilu Banjarmasin Kota. Dari tersangka, didapat ineks sebanyak 45 butir yang terdiri 35 butir inek warna biru dan 10 butir inek warna pink.

Baca: Ditresnarkoba Polda Kalsel Ungkap Jaringan Sindikat Narkoba Lapas Teluk Dalam, Sabu Asal Malaysia

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kasat Narkoba Polres Banjarbaru AKP Elche Angelina, Rabu (1/5/2019) membenarkannya.

"Dari tangkapan ini petugas menyita total 79.53 gram sabu-sabu dan 45 butir inek. Tiga 3 orang tersangka dan 1 orang sebagai pemodal," papar AKP Elche Angelina.

Haris, tersangka jaringan pengedar sabu dan ineks yang diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Banjarbaru d
Haris, tersangka jaringan pengedar sabu dan ineks yang diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Banjarbaru d (Satnarkoba Polres Banjarbaru untuk Banjarmasinpost.co.id)

Kemudian dari itu terungkap peranan Fauzi (42) ini sebagai sebagai pemodal dari 3 tersangka.

"Fauzi kita amankan di Jalan Gubernur Soebarjo RT 10 RW 003 Kelurahan Landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang. Dari sodara Fauzi didapati alat pipet kaca yang didalamnya tersisa sabu-sabu," jelasnya.

Untuk saat ini seluruh tersangka dan semua barang bukti sudah diamankan di Polres Banjarbaru guna proses lebih lanjut. (banjarmasinpost.co.id /Lis) 

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved