Berita Banjarmasin

Baikuni Pasrah Rumahnya di Sungai Lulut Bakal Dibongkar, Dinas PUPR Banjarmasin Akui Belum Negosiasi

Penangan pembebasan lahan untuk tiga Jembatan di Sungai Lulut tampaknya belum memasuki tahap negosiasi, tim akan turun ke lapangan minggu depan.

Baikuni Pasrah Rumahnya di Sungai Lulut Bakal Dibongkar, Dinas PUPR Banjarmasin Akui Belum Negosiasi
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Satu jembatan di Sungai Lulut yang akan di bongkar dan dibuat jembatan baru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarmasin dalam waktu dekat akan membongkar tiga jembatan Sungai Lulut, di Jalan Veteran, Kota Banjarmasin.

Pengukuran lahan yang bakal dibebaskan di sekitar jembatan sudah beberapa kali dilakukan, namun negosiasi nilai ganti rugi lahan atau rumah warga yang bakal digusur belum dilakukan.

Baikuni, warga Pengambangan RT 13 yang juga terkena pembebasan lahan hanya bisa menerima atas rencana tersebut. Ia juga belum mengetahui anggaran pembayaran ganti bangunan dan lahan miliknya.

Pasalnya, Baikuni memiliki sertifikat lahan, karena bangunannya berada di darat. Ia juga memiliki usaha berdagang untuk membiayai hidup.

"Pengukuran sudah sering sekali dilakukan. Tapi kami juga belum tahu berapa luas pastinya yang terkena pembebasan lahan. Belum ada informasi," jelasnya, Selasa (30/4/2019).

Baca: Segel Warung Dinnah Terbakar, Warga Belum Tahun Nilai Ganti Rugi Lahan Jembatan Sungai Lulut

Namun sepengetahuan Baikuni, di areanya itu kurang lebih ada empat rumah yang terdampak. Sementara di seberang kiosnya sekitar tujuh unit bangunan dinyatakan kena pembebasan.

Seluruh kios milik Baikuni juga akan rata oleh tanah. Sementara rumahnya yang berada di belakang kios terlepas dari pembebasan lahan.

Harap-harap Cemas

Sudah 30 tahun Dinnah menempati rumah makan yang ia kelola di Jalan Veteran, RT 3, Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, Banjarmasin, Kalsel.

Namun tampaknya pemerintah berkehendak lain. Pasalnya, bangunan warung milik Dinnah berada di samping jembatan yang rencananya tahun ini akan direnovasi. Sehingga bakal digusur karena lahannya akan dipakai untuk renovasi jembatan

Halaman
1234
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved