Berita HSS

Bupati HSS Turun ke Pasar, Temukan Harga Sembako Naik, Pastikan Bakal Operasi Pasar

Warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan, mulai merasakan kenaikan harga kebutuhan pokok

Bupati HSS Turun ke Pasar, Temukan Harga Sembako Naik, Pastikan Bakal Operasi Pasar
istimewa/dinas kominfo HSS
Bupati HSS H Achmad Fikry, berdialog dengan pedagang di Pasar Kandangan saat memantau harga sembako bersama Pj Sekda dan dinas terkait, Kamis (2/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan, mulai merasakan kenaikan harga kebutuhan pokok. Seperti gula pasir, bawang merah, bawang putih, beras dan ikan.

Di antara kebutuhan pokok tersebut, yang kenaikan harganya cukup tinggi adalah gula putih.

Harga di warung mencapai Rp 13 ribu. Sedangkan harga di pasar berkisar Rp 12.500 sampai Rp 13.000. Sejumlah ibu-ibu pun mengkhawatirkan harga jenis sembako tersebut terus melonjak saat Ramadan nanti.

Baca: Saksikan Kontes Modif Motor dan Pubg E Sport di Pop Hotels Banjarmasin

Baca: Lelang Jabatan Tiga Kepala Dinas di Pemkab Tapin Dijadwal Ulang, Ini Penyebabnya

Baca: Sambut Ramadhan, Rikana Kembali Berbisnis Online

 “Belum Ramadan sudah naik. Semoga saja tidak tambah melonjak saat Ramadan nanti, khususnya untuk gula, beras dan ikan yang menjadi konsumsi sehari-hari tiap keluarga,”ungkap Desy, warga Jalan Al Falah, Kandangan.

Adapun harga bawang putih dan bawang merah, mencapai Rp 45 ribu per kilogram. Padahal normalnya berkisar Rp 24 sampai 28 ribu.

  “Mungkin karena permintaan sedang naik, dan ada yang menyetok untuk keperluan keluarga sebulan. Mungkin ada  juga yang memborong untuk bingkisan seperti  lembaga koperasi untuk dibagi ke anggotanya. Jadinya permintaan bertambah, dan kami juga beli dari pedagang besar dengan harga yang sudah naik,”ungkap salah satu pedagang di Pasar Kandangan.

 Sementara, menyikapi mulai naiknya harga beberapa harga sembako menjelang Ramadan  tersebut,Bupati HSS  H Achmad Fikry, didampingi Penjabat Sekda HSS  H Hubriansyah beserta rombongan melakukan kunjungan pemantauan ke Pasar Kandangan, Kamis (2/5/2019).  Selain memantau, juga monitoring  sejumlah harga kebutuhan bahan pokok.

 Bupati HSS mengatakan, hasil pemantauan beberapa harga di pasar , memang sudah mulai naik. Seperti beras lokal, gula, bawang merah dan bawang putih. Sedangkan , ikan, ayam pedaging serta daging, terbilang masih terbilang stabil.

"Memang ada yang harganya naik, ada juga yang tetap. Yang mengalami kenaikan, seperti gula dan beras lokal atau beras Banjar, serta bawang merah dan bawang putih. Untuk beras Banjar, kenaikan karena memang masih belum panen. Beras yang dari luar pulau justru mengalami penurunan harga. Jadi pilihan ada di masyarakat,”katanya.

 Bupati mengatakan, pihaknya akan memantau harga-harga barang kebutuhan pokok di pasar.

"Kalau memang harga gula terus seperti ini, melalui Dinas Perdagangan HSS tentu kita akan lakukan operasi pasar. Kami akan bekerja sama dengan Bulog, menyediakan sembako khusus  untuk masyarakat kurang mampu,"kata Fikry.

Baca: Nasib Mantan Istri Sule, Lina Kini, Sedangkan Ayah Rizky Febian Kian Lengket Naomi Zaskia

Baca: Sambut Ramadan, Ada Promo Kamar dan Paket Bukber di Blue Atlantic Hotel

 Menanggulangi permasalahan harga bawang yang harganya juga di atas harga normal, Bupati HSS mengatakan HSS salah satu penghasil bawang.

Kedepan, dia meminta  Dinas Pertanian mengatur masa tanam para petani bawang di HSS sehingga pada saat memasuki bulan suci, bisa mengimbangi kebutuhan masyarakat dan tak mengandalkan pasokan luar daerah. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved