Berita Kalteng

Fender Rusak Ditabrak Tongkang, Dishub Larang Tongkang Batu Bara Lewat Bawah Jembatan Kalahien

Kapal Tugboat dengan nama ITS Diamond tersebut, menarik tongkang berisi batu bara melaju dari arah Paring Lahung menuju Banjarmasin (Kalsel).

Fender Rusak Ditabrak Tongkang, Dishub Larang Tongkang Batu Bara Lewat Bawah Jembatan Kalahien
Polres Barsel
Tiang pondasi Jembatan Kalahien Buntok, Barsel, Kalteng, ambruk dihantam tongkang batu bara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kecelakaan air tongkang pengangkut 7.100 Ton batu bara milik PT Indo Jaya Trans Samudera (IJTS) yang menabrak pender jembatan Kalahien, di Sungai Barito, Desa Kalahien, Kabupaten Barito Selatan, hingga ambruk, pada Selasa (30/4/2019) terus ditelisik.

Pihak kepolisian Polres Barsel, hingga, Kamis (2/5/2019) terus melakukan pemeriksaan terhadap nahkoda kapal tugboat dengan nama ITS Diamond terkait kecelakaan air, tongkang yang ditarik menabeak fender Jembatan Kalahien hingga ambruk.

Kapal Tugboat dengan nama ITS Diamond tersebut, menarik tongkang berisi batu bara melaju dari arah Paring Lahung menuju Banjarmasin (Kalsel), ketika sampai di bawah jembatan pukul 05.10, tiba-tiba menabrak pender jembatan Kalahien, hingga ambruk.

Dampak kejadian tersebut, Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah, telah mengirimkan surat resmi kepada semua bupati yang ada di DAS Barito yakni Bupati Barsel, Bartim, Barut dan Murungraya, yang daerahnya ada perusahaan batu bara, untuk sementara melarang tongkang lewat bawah jembatan Kalahien.

Baca: BREAKING NEWS - Tongkang Batu Bara Tabrak Tiang Pender Jembatan Kalahien Buntok Hingga Ambruk

Baca: Polisi Periksa Nahkoda Tugboat Penarik Tongkang Batu Bara yang Tabrak Pender Jembatan Kalahien

Baca: Pengendara Waswas Lewat Jembatan Kalahien, Bupati Barsel: Perusahaan Batu Bara Bertanggungjawab

"Saat ini nahkoda kapal dan pihak perusahaan masih diperiksa oleh polisi, akibat kelalaian dalam menarik tongkang berisi batu bara hingga mengakibatkan, tongkang menghantam fender jembatan hingga ambruk.Kami juga mengirimkan surat agar bupati melarang semua tongkang lewat bawah jembatan yang masih dalam pemeriksaan tersebut," ujar Kadis Perhubungan Kalteng, Ati Mulyati.

Dikatakan dia, semua tongkang batubara dilarang lewat sebelum fender jembatan yang ambruk dihantam tongkang diperbaiki.

"Surat resmi tersebut melarang semua tongkang batu bara lewat bawah jembatan Kalahien, hingga fender jembatan selesai diperbaiki," ujar Ati Mulyati. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved