Bumi Sanggam

Hardiknas di Balangan Dimeriahkan Berbagai Atraksi, Bupati Sampaikan Pesan Mendikbud

Suasana meriah mewarnai pelaksanaan peringatan Hardiknas yang digelar, Kamis (2/5/2019), di halaman kantor Bupati Balangan.

Hardiknas di Balangan Dimeriahkan Berbagai Atraksi, Bupati Sampaikan Pesan Mendikbud
Diskominfo Balangan
Suasana meriah mewarnai pelaksanaan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar, Kamis (2/5/2019), di halaman kantor Bupati Balangan. Bupati Balangan H Ansharuddin membacakan amanat Mendikbud. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Suasana meriah mewarnai pelaksanaan
peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar, Kamis (2/5/2019), di halaman kantor Bupati Balangan.

Berbagai atraksi yang dibawakan para pelajar di Kabupaten Balangan, mampu memberikan hiburan tersendiri dalam rangkaian peringatan Hardiknas yang dipimpin langsung Bupati H Ansharuddin.

Atraksi yang ditampilkan diantaranya, seni beladiri kuntau, tarian daerah khas Balangan serta penampilan polisi cilik binaan Polres Balangan.

 

Selain dimeriahkan berbagai atraksi, dalam peringatan Hardiknas juga diisi penyerahan hadiah berbagai lomba yang melibatkan pelajar.

Seperti gala siswa sepakbola, olimpiade sains tahun 2019, debat Bahasa Inggris, lomba seni untuk pelajar.

Kemudian juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk guru berprestasi tingkat kabupaten Balangan serta penghargaan kepada Kejari dan Polres Balangan atas pengamanan tahun 2018.

Dalam peringatan Hardiknas 2019 ini, Bupati Balangan H Ansahruddin, membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Dalam amanat yang dibacakannya itu, terungkap setelah empat tahun lebih berfokus pada pembangunan prasarana atau infrastruktur, perhatian pemerintah mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia.

Penghargaan untuk Kejari dan Polres Balangan pada peringatan Hardiknas
Penghargaan untuk Kejari dan Polres Balangan pada peringatan Hardiknas (Diskominfo Balangan)

Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya, terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan.

”Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya indonesia yang berkemajuan," jelasnya.

Disampaikannya juga saat ini peserta didik didominasi generasi z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Atraksi polisi cilik
Atraksi polisi cilik (Diskominfo Balangan)

Kemudian juga disampaikan Hari Pendidikan Nasional ini dijadikan momentum untuk mengonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif. (aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved