KalselPedia

KalselPedia - Inilah Pasar di Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Tengah Terbanyak Punya Pasar

Di Kalimantan Selatan terkhusus Kota Banjarmasin misalnya, ada sejumlah pasar tradisional yang sampai saat ini masih bertahan sampai saat ini.

KalselPedia - Inilah Pasar di Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Tengah Terbanyak Punya Pasar
Humas Pemko Banjarmasin
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama staf khusus dari Kementrian Perdagangan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalsel pantau harga sembako di Pasar Sentra Antasari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pasar adalah tempat dimana sejumlah pedagang dan pembeli saling bertransaksi atau melangsungkan jual beli.

Pasar juga merupakan tumpuan sejumlah masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian demi meraih keuntungan sehat.

Berbagai jenis barang atau jasa biasanya diperdagangkan di tempat tersebut. Lebih-lebih di era modern ini, meski keberadaan pasar digital juga kian pesat.

Namun eksistensi pasar tradisional tetap seolah tak pernah luntur menjadi tumpuan warga dalam mencari berbagai kebutuhannya.

Di Kalimantan Selatan terkhusus Kota Banjarmasin misalnya, ada sejumlah pasar tradisional yang sampai saat ini masih bertahan sampai saat ini.

Baca: KalselPedia - Inilah Daftar Nama Pejabat di Polres Kotabaru

Baca: KalselPedia - Begini Sistem Keberangkatan Kapal di Pelabuhan Samudera Batulicin yang Perlu Diketahui

Baca: Kalselpedia : Mobil Perpustakaan Keliling Alalak Pintar (Alpin) Polsek Berangas Batola

Pasar-pasar tersebut yakni yang pertama berada di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Pada wilayah ini terdapat sedikitnya tiga lokasi jual beli warga, yakni Pasar Pekauman, Pasar Pekauman Inpres, dan Pasar Gawi Manuntung.

Pasar Terapung Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin.
Pasar Terapung Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin. (Humas Pemko Banjarmasin)

Sedangkan di wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur, ada Pasar Kuripan Baru, Terminal Palnam, Pasar Pandu Baru dan Pasar Ksantrian.

Sementara di Kecamatan Banjarmasin Barat terdiri dari Pasar Tungging, Banjar Raya, Kalindo, Telawang Baru dan Pasar Telawang Lantai I.

Dan yang terakhir di Kecamatan Banjarmasin Tengah, sekaligus merupakan wilayah terbanyak memiliki pasar.

Pasar-pasar tersebut diantara Pasar Baru Permai Lantai Dasar, Pasar Baru Permai lantai I, Pasar Baru Permai Khusus, Pasar Baru Permai Miring dan Pasar Baru Permai Miring Lantai I.

Kemudian ada lagi di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Pasar Niaga Timur, Pasar Niaga Timur Lantai II, Pasar Niaga Timur Lantai III, Pasar Blok Andal Optikal, dan Pasar Cempaka.

Selain itu, Pasar Blok ODI, Pasar Blok Ansyar, Samping Pasar Ayam, Pasar Sudi Rapi, Pasar Ex Pom Bensin, Pasar Blok Samping Kapitol, Pasar Terapung Siring, Pasar Daging, Lima Laut, Lima Beton, Pasar Sandang Pangan, Permata dan Atom Kilat.

Sedangkan untuk Pasar Modern di Banjarmasin, terdiri dari Lotte Mart dan Giant di Kecamatan Banjarmasin Timur dan Duta Mall, Mitra Plaza serta Sentra Antasari di Kecamatan Banjarmasin Tengah. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved