Berita Kotabaru

Pasangan 01 Jokowi-Maruf Amin Ungguli Prabowo-Sandi di Sejumlah Kecamatan di Kotabaru

Dari perhitungan sejumlah kecamatan, pasangan calon presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin lebih unggul dibanding pasangan calon nomor urut 02.

Pasangan 01 Jokowi-Maruf Amin Ungguli Prabowo-Sandi di Sejumlah Kecamatan di Kotabaru
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Rapat Pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pilpres 2019 di KPU Kotabaru, Kamis (2/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pemilu 2019 telah usai dilakukan di Kabupaten Kotabaru. Penghitungan tingkat kecamatan telah dilakukan kini giliran rekapitulasi tingkat Kabupaten Kotabaru.

KPU Kotabaru akhirnya melaksanakan Rapat Pleno Terbuka terkait Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota pada pemilihan Umum serentak tahun 2019 tingkat Kabupaten Kotabaru, di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Kamis (2/5/2019).

Penghitungan itu dilakukan cukup lama sebab ada sebanyak 21 kecamatan di Kabupaten Kotabaru. Kegiatan itu dihadiri Ketua Bawaslu Kotabaru M Erfan, Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto SIK, Dandim 1004 Kotabaru Letkol inf Rony, ketua partai, saksi, pengawas kecamatan dan seluruh Kapolsek di Kotabaru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yakni 2 hingga 4 Mei 2019. Kegiatan dibagi tiga hari dan dihari pertama tersebut melaksanakan rekapitulasi sebanyak 9 kecamatan yang diperkirakan selesai hingga malam hari.

Baca: Awal Mei, KPU Tapin Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Suara Pileg dan Pilpres 2019

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin. Menurutnya, rekapitulasi dilakukan secara bergantian tiap kecamatan karena pembagiannya cukup banyak kecamatan.

"Hari ini rekapitulasi ada 9 kecamatan, sementara sisanya dilakukaukan keesokan harinya. Semalam-malamnya kita target rekapitulasi di 9 kecamatan ini selesai, " katanya.

Dari perhitungan sejumlah kecamatan, pasangan calon presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin lebih unggul dibanding pasangan calon nomor urut 02 yakni Prabowo - Sandiaga Uno.

Terpantau, untuk kecamatan Pulau Sembilan paslon 01 memperoleh suara sebanyak 2.047, sementra paslon 02 meraih suara 1.038. Sehingga suara sah ada sebanyak 3.085 kertas suarat suara, sementara suara tidak sah sebanyak 107, sehingga total suarat suara yang sah dan tidak sah di Kecamatan Pulau Sembilan yakni 3.192 suara.

Baca: Ini Hasil Rekapitulasi KPU Banjarbaru Suara Caleg di Pileg 2019, Golkar Terbanyak, Gerindra Merata

Sementara di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, paslon 01 juga lebih unggul dari pslon 02. Paslon 01 unggul dengan perolehan 2.961 suara sedangkan paslon 02 sebanyak 2.399. Total surat suara sah sebanyak 5.360 dan tidak sah sebanyak 142 surat suara. Total keselurahan surta suara sebanyak 5.502 surat suara.

"Untuk Kecamatan lainnya masih proses perhitung suara hingga 4 Mei mendatang, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved