Pemilu 2019

Rekapitulasi dan Penetapan Perhitungan di Banjarbaru Selesai, Hegar Imbau Tunggu KPU RI

Meski telah selesai rekapitulasi selesai, KPU Banjarbaru masih mengimbau menunggu keputusan resmi ketika sudah penetapan dari KPU RI.

Rekapitulasi dan Penetapan Perhitungan di Banjarbaru Selesai, Hegar Imbau Tunggu KPU RI
HO/KPU Banjarbaru
Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat saat pengukuhan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Meski proses rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara di Kota Banjarbaru sudah selesai, Rabu (1/5/2019). Namun KPU masih mengimbau menunggu keputusan resmi ketika sudah penetapan dari KPU RI.

Sebab masih ada jenjang tahapan Rekapitulasi tingkat Provinsi dan Rekapitulasi KPU Pusat pada 22 Mei nanti.

"Tiga hari setelah penetapan KPU RI, dibuka ruang gugatan. Setelah tiga hari tersebut MK akan memeriksa apakah gugatan tersebut diterima atau tidak. Jika tidak ada gugatan maka KPU Banjarbaru akan memplenokan perolehan kursi masing partai politik," kata Ketua KPU Kalsel, Hegar Wahyu Hidayat.

Baca: Disdik Kapuas Jadwalkan Libur Ramadan dan Idul Fitri 2019, Imbau Siswa Perbanyak Kegiatan Positif

Baca: LIVE RCTI! Link Live Streaming Arsenal vs Valencia di Leg 1 Semifinal Liga Europa Malam Ini

Baca: NEWSVIDEO : Bea dan Cukai Kota Banjarmasin Musnahkan Sitaan Barang Milik Negara Berupa

Dijelaskan dia, sejauh ini jika melihat jalannya rekapitulasi yang disaksikan oleh masing-masing Partai Politik berlangsung lancar, dia yakin bahwa ke depan lancar. Karena hal ini Berkesuaian dengan perhitungan di tingkat Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK).

Terlepas dari itu, Dari data diolah dari Form DB 1 hasil pleno yang dihitung oleh KPU Kota Banjarbaru di Hotel Novotel Banjarbaru, Rabu (1/5/2019), Partai Golongan Karya (Golkar) terbanyak dengan perolehan suara 22.143 sedangkan Gerindra 20.147 suara. Tapi perolehan Gerindra lebih merata di empat Dapil berbeda di Banjarbaru.

Banjarmasinpost.co.id, mengkonversi dan mencocokkan jumlah suara partai dengan jumlah kursi di empat Dapil se-Kota Banjarbaru dengan metode Sainte Lague munculah Caleg yang akan menempati kursi DPRD Kota Banjarbaru yang total semua 30 kursi. Hasilnya cocok. (lihat suara Caleg yang diprediksi duduk di DPRD Kota Banjarbaru di Tabel berikut)

Dari 30 Caleg, ada sebanyak 10 caleg Pendatang Baru yang menghiasi kursi parlemen di DPRD Kota Banjarbaru ke depan.

Sementara itu pula, Pihak Kepolisia dan TNI menegaskan bahwa Kota Banjarbaru dalam kondisi aman serta kondusif dan berkomitmen menjaga dan mengawal sampai nanti penetapan di KPU RI.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya mengatakan untuk mengawal rapat pleno pihaknya menurunkan lebih dari 100 personel. Tepatnya berjumlah 109 personel.

"Kita pastikan sejauh ini baik Pleno dan sesudahnya dalam kondisi aman. Kehadiran personel juga untuk menunjukkan rasa aman terhadap penyelenggara Pemilu," katanya.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved