Berita Banjarmasin

Wawancara Ekslusif Prof DR Muchlis R Luddin : Di PAUD Jangan Diajarkan Calistung

Jangan sampai ada tekanan dari orangtua. Anak yang harusnya bermain malah ditekan dengan pendidikan. Harus ada bahasa Inggris, calistung belum masanya

Wawancara Ekslusif Prof DR Muchlis R Luddin : Di PAUD Jangan Diajarkan Calistung
capture/BPost Edisi cetak
Irjen Kemendikbud Prof Dr Muchlis R Luddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sehari setelah Hari Buruh Internasional, negeri ini memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Hari ini, Kamis 2 Mei 2019, harus dijadikan momentum untuk menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan nasional termasuk di Kalimantan Selatan.

BPost berkesempatan mewawancarai Inspektur Jenderal Kemendikbud Prof Dr Muchlis R Luddin MA di sela-sela acara Gebyar Hardiknas 2019 di BP PAUD dan Dikmas Kalsel, Banjarbaru, beberapa waktu lalu.

Apa makna Hardiknas Pak?
Hardiknas meneguhkan komitmen kita tentang pentingnya pendidikan dan kebudayaan dalam pembangunan nasional. Momen ini dipakai untuk mendorong dan motivasi seluruh jajaran Kemendikbud baik pusat maupun daerah untuk fokus dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

Bagaimana perkembangan sistem PAUD (pendidikan anak usia dini) di Kalsel?
PAUD di Kalsel pesat. Nah ke depannya tak sekadar institusi kelembagaannya tapi juga penting mutu PAUD. Misalnya kita harus memastikan sekolah di PAUD jangan diajarkan baca tulis hitung atau calistung. Anak harus banyak bermain, bersosialisasi, menghargai sesama. Selama ini praktik itu agak keliru.

Baca: Prajurit AL AS Armada Ketujuh Ini Ternyata Asli Ponorogo, Chunchun Masih Bisa Berbahasa Jawa

Soal calistung ini sampai kapan kiranya untuk tidak ditekan kepada anak?
Jangan sampai ada tekanan dari orangtua. Anak yang harusnya bermain malah ditekan dengan pendidikan. Harus ada bahasa Inggris, calistung. Belum masanya. Masuk SD juga belum. Sampai SD kelas tiga juga belum saatnya calistung malah.

Langkah yang akan dilakukan?
Harus dibenahi, diberitahu, diberhentikan. Dicek satu satu oleh pemda melalu dinas setempat. Jangan sampai lagi ada begitu. Misal ada syarat masuk SD harus bisa calistung. Sebenarnya itu tidak disyaratkan dan tidak perlu, tidak sesuai hukum tempo perkembangan anak. Kita sekarang ingin mengembalikan itu supaya anak bisa berkembang maksimum, tumbuh dengan baik. Jadi para level berikutnya anak bisa belajar dengan speed yang bagus.

Lantas bagaimana seharusnya?
Anak sosialiasi saja dengan temannya, belajar menghargai teman yang lain. Misal pinjam sesuatu harus dikembalikan, belajar komunikasi, mengenal sesama. Inilah pendidikan karakter, harus dilatih sejak dini, belajar beribpenghargaan terhadap orang lain.

Bagaimana pendidikan di Kalsel?
Dunia pendidikan Kalsel sudah bagus, speednya kita tingkatkan. Tinggal bagaimana kerja sama semua satker Mendikbud, dinas provinsi, dinas pemkab setempat. Harus bersama-sama.

Baca: Demo Hari Buruh Internasional di Kalsel, Pekerja Desak Pemerintah Cabut PP tentang Pengupahan

Mengenai kondisi sekolah terpencil di Kalsel?
Masalah geografis, teknis transportasinya harus dipikirkan. Terpenting komitmen kita memastikan tidak ada anak yang tidak sekolah. Persoalan struktur geografis begitu kompleks .

Sekarang, soal guru dalam menghadapi perkembangan teknologi, bagaimana pandangannya?
Guru harus punya kesadaran. Contoh kecil Google itu superguru, real-time. Yang diajarkan guru itu jangan sampai sudah kadaluarsa. Pengetahuan anak didik sekarang sudah bisa cek di Google. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) agar terus melatih guru agar sadar penggunaan IT. Karena kalau yang diajarkan guru itu salah anak zaman sekarang bisa cek di Google.

Guru PAUD kabarnya sulit sertifikasi? Bagaimana pendapatnya?
Ini memang sedang kita pelajari, kesulitannya dimana. Sedang dalam proses penyelesaiannya. Identifikasi dimana sesungguhnya kesulitan itu. Nanti kami akan intervensi supaya selesai. Ada laporan memang. Akan kami cek supaya jelas. (kur)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved