Berita Batola

Begini Keseruan Anak-anak MIN 10 Marabahan & SDN Ulu Benteng 5 Sambut Mobil Pusling Dispusip Kalsel

Kegembiraan datang dari murid-murid MIN 10 Kecamatan Cerbon dan SD Negeri Ulu Benteng 5 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Jumat (3/5/2019).

Begini Keseruan Anak-anak MIN 10 Marabahan & SDN Ulu Benteng 5 Sambut Mobil Pusling Dispusip Kalsel
Dispusip Kalsel
Kegembiraan datang dari murid-murid MIN 10 Kecamatan Cerbon dan SD Negeri Ulu Benteng 5 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Jumat (3/5/2019) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Kegembiraan datang dari murid-murid MIN 10 Kecamatan Cerbon dan SD Negeri Ulu Benteng 5 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Jumat (3/5/2019) siang.

Mobil perpustakaan keliling (pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi Kalsel, pagi itu menyambangi sekolah mereka.

Dahaga akan buku bacaan bagi para murid yang terletak di kawasan pinggiran tersebut pun tersalurkan dengan kehadiran mobil perpustakaan keliling tersebut.

Total ada empat mobil pusling milik Dispusip Kalsel yang diturunkan.

Mobil Pusling yang dihiasi stiker Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalsel Rudi Resnawan tersebut pun menarik minat para siswa.

"Kita memang memberikan pelayanan keliling ke sekolah-sekolah di Kabupaten/Kota se Kalsel. Kita utamakan layanan ke sekolah-sekolah yang agak jauh dari lokasi perpustakaan Kabupaten/Kota dan Provinsi," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Hj Nurliani Dardie atau yang biasa dikenal dengan nama Bunda Nunung.

Baca: LIVE beIN Sports 3! Link Live Streaming Juventus vs Torino di Liga Italia Malam Ini, Nasib Dybala

Baca: Jadwal Siaran Langsung Persib Bandung vs Borneo FC di MNC TV, Babak 8 Besar Piala Indonesia 2018

Baca: Ketakutan Hotman Paris Saat Datang di Gala Dinner Syahrini dan Reino Barack, Geng Luna Maya Hadir?

Sebenarnya, kata Nunung, di masimg-masing kabupaten/kota sudah memiliki mobil perpustakaan keliling.

"Sudah ada bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional untuk masing-masing kabupaten/kota. Namun memang masih kurang jumlahnya. Menjadi tugas kita bersama untuk bisa terus menambah mobil perpustakaan keliling macam ini untuk menstimulan minat baca anak," katanya.

Mobil perpustakaan keliling memang dinilai efektif untuk menjangkau wilayah-wilayah pelosok.

"Kami perpustakaan​ provinsi selaku perpustakaan​ yang membina perpustakaan​ kab/kota sifatnya membackup perpustakaan​ kab/kota menggalakkan promosi gemar membaca ini. Namun tugas kita bersama agar lebih aktif untuk menjangkau anak-anak khususnya di kawasan pelosok," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dispusip Kabupaten Barito Kuala Hj Harliani mengungkapkan, dari Dinas Perpusip Kabupaten Barito Kuala sendiri telah melaksanakan kegiatan langsung ke Perpustakaan melalui kegiatan kunjungan/ pengenalan Perpustakaan ke sekolah-sekolah.

"Sebagai Kepala Dinas Perpusip Kab.Barito Kuala sangat berharap suatu saat nanti juga bisa lebih banyak melakukan kegiatan pusling setelah sarana dan prasarananya sudah memenuhi. Terimakasih sebelumnya karena mobil pusling Dispusip Kalsel sudah mau berkunjung ke Batola," kata dia.

(banjarmasinpost.co.id/rahmadhani)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved