Berita Tapin

Jembatan di Tapin ini Ternyata Dua Kali Amblas, Sudah Punya Jembatan Darurat

Jembatan ambrol di Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan ternyata pernah amblas badan jembatannya.

Jembatan di Tapin ini Ternyata Dua Kali Amblas, Sudah Punya Jembatan Darurat
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Pengendara melintas di jembatan ambil di Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Jumat (3_5_2019) 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Jembatan ambrol di Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan ternyata pernah amblas badan jembatannya.

Peristiwa badan jembatan amblas itu terjadi sekitar Maret 2018 akibat tiang penyangga jembatan miring diduga karena ditabrak sampah ranting pohon yang hanyut dibawa arus sungai di bawahnya.

"Ini jembatan pernah amblas tahun lalu. BPBD Kabupaten Tapin membangun jembatan darurat disamping jembatan yang amblas saat itu," kata H Ahmad Sofyan, Plt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, Jumat (3/5/2019).

Baca: Chat Whatsapp Ahok Alias BTP Dibocorkan Staf, Bukan Untuk Puput Nastiti Devi atau Veronica Tan

Baca: Putuskan Berpuasa Ramadhan 1440 H Besok, Ini Penjelasan Jemaah An-Nadzir Gowa

Baca: SBY Ungkap Kondisi Terkini Ani Yudhoyono ke Istri Gus Dur, Mahfud MD, Dahlan Iskan, Pesan Ayah AHY

Baca: Pertanyaan Menohok Verrell Bramasta Buat Aurel Hermansyah Salting, Putri Krisdayanti Terbata-bata

Akses jembatan di Desa Paring Guling yang menghubungkan dengan Desa Rantau Bujur Kecamatan Bungur dikabarkan warganet di media sosial jejaring facebook terputus.

Padahal, akses jembatan darurat disebelah jembatan yang ambrol dan amblas itu sudah terbangun dan dapat dilintasi kendaraan roda empat bahkan lebih dengan tonase maksimal enam tonase.

Jembatan darurat yang dibangun BPBD Kabupaten Tapin terbuat dari bahan pohon kelapa dari tiang jembatan hingga badan jembatan. Untuk pagar pengaman jembatan dari pohon galam berukuran kecil.

Pantauan reporter Banjarmasinpost.co.id, di lokasi jembatan yang ambrol itu, sudah terlihat bekas ban roda empat melintas di jembatan darurat.

Untuk pengendara sepeda motor yang melintas masih menggunakan jembatan yang ambrol tersebut. Kondisi jembatan berada jauh dari permukiman warga, di kawasan hutan karet dan pegunungan.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved